Senin, 28 April 2014

RANGKUMAN PENCEMARAN UDARA

Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Di Bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan Bumi. Atmosfer tersusun atas beberapa lapisan

- TrofosferLapisan ini berada pada level yang terendah, campuran gasnya paling ideal untuk menopang kehidupan di bumi. Dalam lapisan ini kehidupan terlindung dari sengatan radiasi yang dipancarkan oleh benda-benda langit lain. Dibandingkan dengan lapisan atmosfer yang lain, lapisan ini adalah yang paling tipis (kurang lebih 15 kilometer dari permukaan tanah). Dalam lapisan ini, hampir semua jenis cuaca, perubahan suhuyang mendadak, angin, tekanan dan kelembaban yang kita rasakan sehari-hari berlangsung. Suhu udara pada permukaan air laut sekitar 30 derajat Celsius, dan semakin naik ke atas, suhu semakin turun. Setiap kenaikan 100m suhu berkurang 0,61 derajat Celsius (sesuai dengan Teori Braak). Pada lapisan ini terjadi peristiwa cuaca seperti hujan, angin, musim salju, kemarau, dan sebagainya.

- stratosferPerubahan secara bertahap dari troposfer ke stratosfer dimulai dari ketinggian sekitar 11 km. Suhu di lapisan stratosfer yang paling bawah relatif stabil dan sangat dingin yaitu -70^o F atau sekitar -57^o C. Pada lapisan ini angin yang sangat kencang terjadi dengan pola aliran yang tertentu. Lapisan ini juga merupakan tempat terbangnya pesawat. Awan tinggi jenis cirrus kadang-kadang terjadi di lapisan paling bawah, namun tidak ada pola cuaca yang signifikan yang terjadi pada lapisan ini.

- MesosferAdalah lapisan udara ketiga, di mana suhu atmosfer akan berkurang dengan pertambahan ketinggian hingga lapisan keempat, termosfer. Udara yang di sini akan mengakibatkan pergeseran yang berlaku dengan objek yang datang dari angkasa dan menghasilkan suhu yang tinggi. Kebanyakan meteor yang sampai ke bumi terbakar pada lapisan ini. Kurang lebih 25 mil atau 40km di atas permukaan bumi, saat suhunya berkurang dari 290 K hingga 200 K, terdapat lapisan transisi menuju lapisan mesosfer. Pada lapisan ini, suhu kembali turun ketika ketinggian bertambah, hingga menjadi sekitar -143^o C (dekat bagian atas dari lapisan ini, yaitu kurang lebih 81 km di atas permukaan bumi). Suhu serendah ini memungkinkan terjadi awan noctilucent, yang terbentuk dari kristal es. Antara lapisan Mesosfer dan lapisan Atmosfer terdapat lapisan perantara yaitu Mesopause.

-  Termosfer, Transisi dari mesosfer ke termosfer dimulai pada ketinggian sekitar 81 km. Dinamai termosfer karena terjadi kenaikan temperatur yang cukup tinggi pada lapisan ini yaitu sekitar 1982^o C. Perubahan ini terjadi karena serapan radiasi sinar ultra violet. Radiasi ini menyebabkan reaksi kimia sehingga membentuk lapisan bermuatan listrik yang dikenal dengan nama ionosfer, yang dapat memantulkan gelombang radio. Sebelum munculnya era satelit, lapisan ini berguna untuk membantu memancarkan gelombang radio.

Ionosfer , erbentuk akibat reaksi kimia ini juga merupakan lapisan pelindung bumi dari batu meteor yang berasal dari luar angkasa karena ditarik oleh gravitasi bumi. Pada lapisan ionosfer ini, batu meteor terbakar dan terurai. Jika ukurannya sangat besar dan tidak habis terbakar di lapisan udara ionosfer ini, maka akan jatuh sampai ke permukaan bumi yang disebut Meteorit.

Atmosfer Bumi terdiri atas nitrogen (78.17%) dan oksigen (20.97%), dengan sedikit argon (0.9%), karbondioksida (variabel, tetapi sekitar 0.0357%), uap air, dan gas lainnya. Atmosfer melindungi kehidupan di bumi dengan menyerap radiasi sinar ultraviolet dari Matahari dan mengurangi suhu ekstrem di antara siang dan malam. 75% dari atmosfer ada dalam 11 km dari permukaan planet.

 Lapisan Termosfer Berada di atas mesopouse dengan ketinggian sekitar 75 km sampai pada ketinggian sekitar 650 km. Pada lapisan ini, gas-gas akan terionisasi, oleh karenanya lapisan ini sering juga disebut lapisan ionosfer. Molekul oksigen akan terpecah menjadi oksegen atomik di sini. Proses pemecahan molekul oksigen dan gas-gas atmosfer lainnya akan menghasilkan panas, yang akan menyebabkan meningkatnya suhu pada lapisan ini. Suhu pada lapisan ini akan meningkat dengan meningkatnya ketinggian. Ionosfer dibagi menjadi tiga lapisan lagi, yaitu :
  1. Lapisan ozon
    Terletak antara 80 – 150 km dengan rata-rata 100 km dpl. Lapisan ini tempat terjadinya proses ionisasi tertinggi. Lapisan ini dinamakan juga lapisan ozon. mempunyai sifat memantulkan gelombang radio. Suhu udara di sini berkisar – 70° C sampai +50° C .
  2. Lapisan udara F
    Terletak antara 150 – 400 km. Lapisan ini dinamakan juga lapisan udara appleton.
  3. Lapisan udara atom
    Pada lapisan ini, materi-materi berada dalam bentuk atom. Letaknya lapisan ini antara 400 – 800 km. Lapisan ini menerima panas langsung dari matahari, dan diduga suhunya mencapai 1200° C

Eksosfer adalah lapisan bumi yang terletak paling luar. Pada lapisan ini terdapat refleksi cahaya matahari yang dipantulkan oleh partikel debu meteoritik. Cahaya matahari yang dipantulkan tersebut juga dikenal sebagai cahaya Zodiakal.

Pencemaran udara  adalah masuk atau adanya bahan-bahan atau  zat-zat asing kedalam udara  atau lapisan atmosfer yang  menyebabkan  berubahnya  komposisi udara dari normal sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan , gangguan kesehatan mahluk hidup dan menurunnya kualitas lingkungan. 

ada dua penyebab terjadinya pencemaran udara yaitu :

- faktor internal, yaitu disebabkan oleh peristiwa alamiah seperti letusan gunung merapi dan gas-gas hasil proses pembusukan yang dilakukan mikroorganisme

- faktor eksternal, yaitu yang disebabkan oleh aktivitas penghuni bumi yaitu manusia. seperti hasil pembakaran tidak sempurna, penggunaan bahan bakar fosil, dan kendaraan bermotor. 



Rabu, 23 April 2014

PENGANTAR METABOLISME KARBOHIDRAT


Mahluk hidup mebutuhkan energi atau tenaga untuk dapat melakukan aktivitas kehidupan . Energi bisa di peroleh dari makanan yang kita makan sehari-hari  . Sumber energi itu terdapat pada karbohidrat , protein dan lemak .  Untuk dapat menghasilkan energi makanan ini mengalami serangkaian proses baik proses secara mekanik maupun kimiawi. Proses mekanik adalah proses penghancuran makanan yang dimulai dari mulut oleh gigi  dengan mengunyah makanan , tujuanya agar  makanan menjadi lebih halus sehingga zat-zat makanan bisa keluar. Itulah yang disebut dengan pencernaan mekanik.
Selanjutnya di mulut juga terjadi proses pencernaan secara kimiawi dengan bantuan enzim yaitu enzim ptialin/amilase  untuk mengubah pati/amylum menjadi maltosa. sebelum memasuki metabolisme karbohidrat. Kita terlebih dahulu mengingat kembali tentang senyawa karbohidrat itu sendiri.

Karbohidrat
            karbohidrat adalah senyawa kimia yang terdiri dari karbon ( c )  dan hidrat ( H20 ). Sehingga rumus umumnya dapat ditulis dengan Cx(H2O)n. Namun tidak semua karbohidrat mematuhi rumus tersebut. karbohidrat secara umum dapat dibagi kedalam 3 kelompok utama yaitu :
·        Monosakarida , yaitu karbohidrat paling sederhana  dengan 1 gugus gula. Contohnya seperti glukosa, fruktosa dan galaktosa.
·        Disakarida , yaitu karbohidrat dengan 2 gugus gula. Contohnya seperti maltosa yang terdiri dari 2 molekul glukosa yang berikatan. Selanjutnya sukrosa yang terdiri dari molekul glukosa dan fruktosa . Dan laktosa yang terdiri dari glukosa dan galaktosa. 
·        polisakarida , yaitu karbohidrat kompleks yang terdiri dari banya gugus gula. Sehingga disebut dengan polisakarida. Contohnya yaitu selulosa yang terdapat pada tumbuhan yang kita kenal dengan serat,  glikogen, dan pati /amilum /amylosa yang biasa kita kenal dengan zat tepung.
Sumber-sumber karbohidrat bisa kita peroleh dari  makanan seperti nasi, gandum, kentang, ubi, gula, tebu dan lain-lain.
Fungsi utama karbohidrat didalam tubuh manusia adalah
      Karbohidrat menyediakan kebutuhan dasar yang diperlukan tubuh. Tubuh menggunakankarbohidrat seperti layaknya mesin mobil menggunakan bensin. Glukosa, yaitu karbohidrat yang paling sederhana mengalir dalam aliran darah sehingga tersedia bagi seluruh sel tubuh.
      Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa dan mengubahnya menjadi energy / tenaga untuk menjalankan sel-sel tubuh. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam basa didalam tubuh, berperan penting dalam proses metabolisme dalam tubuh, dan pembentuk struktur sel dengan mengikat protein dan lemak.

Pengantar metabolisme
            Untuk dapat menghasilkan energy makanan harus mengalami  perubahan yang disebut dengan metabolisme . Metabolisme adalah seluruh reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh organisme atau mahluk hidup maupun yang terjadi pada tingkat selular. Metabolisme itu dapat berupa pemecahan pembentukan molekul-molekul besar yang lebih kompleks dari molekul yang lebih kecil disebut dengan anabolisme. Contohnya seperti pembentukan glikogen dari  penimbunan glukosa yang berlebih di dalam tubuh. Atau pembentukan karbohidrat dari reaksi antara karbondioksida dan uap air pada tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya matahari yang biasa kita sebut dengan fotosintesis.
             Reaksi pemecahan molekul – molekul besar ke molekul-molekul yang lebih sederhana dikenal dengan sebutan katabolisme. Contoh katabolisme adalah pemecahan protein ( polipeptida ) menjadi asam amino, penguraian lemak menjadi asam lemak dan gliserol , dan pemecahan karbohidrat kompleks menjadi molekul pembentuknya.
            Setiap reaksi metabolisme yang terjadi pada tubuh kita tidak lepas dari bantuan biokatalisator yang kita sebut dengan enzim. Sehingga reaksi berlangsung lebih cepat.

Metabolisme karbohidrat
Metabolisme karbohidrat termasuk kedalam katabolisme . Yaitu pemecahan molekul-molekul karbohidrat kompleks seperti amilum menjadi karbohidrat yang lebih sederhana yaitu glukosa. Tujujan dari metabolisme ini adalah untuk memecah karbohidrat kompleks (polisakarida ) menjadi monosakarida ( glukosa , galaktosa dan fruktosa ) .
Pertama-taman makanan dimasukkan ke mulut, dikunyah oleh gigi sehingga makanan menjadi lebih halus dan bercampur dengan kelenjar ludah. Kelenjar ludah mengandung enzim amylase terjadi perubahan pati/amylum menjadi maltose. Selanjutnya makanan yang telah dikunyah atau bolus  di teruskan ke lambung dengan melewati esofagus dengan gerakan peristaltik. Di lambung pencernaan atau metabolisme  karbohidrat secara kimia hanya berlansung sekitar 15-30 menit di dalam lambung . Dikarenakan  enzim amilase tidak dapat bekerja pada kondisi didalam lambung yang asam oleh getah lambung yang mengandung asam klorida . Proses yang terjadi dilambung adalah proses pemecahan protein dengan bantuan enzim pepsin.
                        Setelah lambung , makanan memasuki usus halus yaitu pada bagian duodenum atau usus dua belas jari. Disini amilum yang masih tersisa dan belum sempat terurai menjadi maltosa di proses kembali dengan bantuan getah pankreas yang mengandung enzim yang sama dengan kelenjar ludah yaitu amylase. Amylase ini disebut amylase pankreas. Setelah itu  kadrat menuju ke jejunum. Ditempat  ini dibantu enzim disakaridase ( maltase , lactase, dan sukrase ) yang disekresikan oleh getah usus memproses disakarida ( maltosa, laktosa dan sukrosa ) menjadi monosakarida ( glukosa , galaktosa dan fruktosa ) . selanjutnya monosakarida ini menuju ileum . di ileum  terjadi penyerapan glukosa  oleh jonjot-jonjot usus atau vili melalui pembuluh darah yang berada dibawah lapisan usus . Sehingga terjadi hubungan antara system pencernaan dan system peredaran darah.
            Glukosa yang berada didalam aliran  selain glukosa diubah menjadi glukosa  selanjutnya diangkut oleh darah menuju ke hati . Hormone insulin bersama aliran darah juga ikut menemani karbohidrat menuju hati . Disini glukosa mengalami proses transport untuk dapat masuk kedalam sel. Transport aktif secara difusi melawan gradient konsentrasi  terjadi jika konsentrasi glukosa dalam darah lebih kecil dari pada sel jaringan . Sedangkan jika jumlah glukosa dalam darah lebih tinggi maka terjadi transport pasif dengan mengikuti gradient konsentrasi.  Sebagian karbohidrat memasuki sel dengan bantuan protein pembawa pada membrane sel yang diransang oleh unsulin sehingga glukosa dapat melintasi membrane selektif permeable sel . setelah berhasil melewati membrane sel karbohidrat masuk kedalam sitoplasma. Didalam sitoplasma ini glukosa akan mengalami proses untuk digunakan membentuk energy . didalam sitoplaasma  glukosa dapat berikatan dengan radikal pospat sehingga terbentuk gula 6 pospat.  Untuk selanjutnya mengalalami proses metabolisme lebih lanjut yaitu glikolisis.

            Jika glukosa yang kita konsumsi berlebih dari yang dibutuhkan. Maka glukosa ini akan diubah menjadi glikogen  yang disimpat dihati dan otot. Glikogen ini sebagai cadangan glukosa yang dapat diambil kapan saja ketika tubuh membutuhkannya. Maksimum glikogen dapat dibentuk dan simpan dihati dan diotot adalah sekitar 350 gram. Sehingga kelebihan glukosa selanjutnya akan disimpan sebagai lemak. 

BAGAIMANA MENGHADAPI TUGAS-TUGAS YANG BANYAK?

Menjadi mahasiswa adalah tingkat belajar yang sangat memusingkan. namanya juga mahasiswa. jadi benar-benar maha berat pula beban yang harus dipikul selama menjadi mahasiswa. khususnya untuk yang kuliah dalam bidang eksakta, wah itu lebih-lebih berat ketimbang yang lainnya. saya sendiri merasakan betapa indahnya menjadi mahasiswa eksakta. yang setiap hari dikejar deadline. belum lagi laporan yang menumpuk sekali tiga dalam seminggu bayangkan teman. karena dijurusan keguruan juga setiap hari jika diskusi setiap kelompok harus persentasi  lewat power point. sekarang katanya udah gak jaman dosen ceramah dan mahasiswalah yang harus aktif. masyaallah.. bayangin dari delapan mata kuliah tiba-tiba kamu semuanya dapat kelompok satu. jika praktikum , sebelum praktikum saya juga harus belajar dulu sebelum praktikum supaya bisa menjawab pertanyaan pretes . dan jika gak lulus , kami boleh memilih mau bayar atau mengulang tapi tetep bayar. lengkap sudah penderitaan sebagai mahasiswa eksakta. 

tapi saya berharap temen-temen gak separah itu tugas-tugasnya.  terkadang saya sangat iri pada mahasiswa hukum , ips, bahasa dan lainnya. mereka hanya cukup membaca dan berbicara. habis pulang kuliah bisa mejeng di mall atau pulang kerumah. dan juga bisa bekerja paruh waktu. tapi ya sudahlah apapun itu nikmati saja. toh dari awal saya yang milih. setiap yang dipilih tentu ada resikonya kan?. sebelum masuk jurusan kan sudah dipertimbangkan. terima saja, karena kau yang telah memilih teman !

a. jangan menunda menyelesaikan tugas

ketika tugas-tugas begitu banyak. itu benar-benar sangat memusingkan. jika orang orang bilang jangan menunda tugas. saya sama sekali bukan tipe penunda. tetapi kadang-kadang memang memaksa untuk diselesaikan sebelum deadline. karena setiap mata kuliah ada tugasnya . jadi, setiap hari ada pembagiannya masing, masing. jika perlu sepulang kuliah saya langsung mengerjakan. tetapi soalnya saya terlanjur banyak tugas , jadi harus dilakukan tahap dibawah ini.

b. pilih yang paling penting dan mendesak

yap ini yang paling penting supaya kamu gak ngos-ngosan sewaktu deadline. kerjain dulu yang paling deket waktunya . jangan yang jauh kamu kerjain duluan . kalo aku selalu mencatat deadline pengumpulan dimading kamar supaya tidak lupa.

c. jangan lupa istirahat 

tugas banyak tapi istirahat penting banget teman. karena percuma kamu bergadng semalaman tapi besoknya loyo ketika jam pelajaran dari dosen yang tidak suka mahasiswa mengantuk. jadi jangan diporsir , dan tetap nyaman untuk istirahat. boleh jadi kamu ngerjain sedikit-sedikit tapi sering. maka dijamin deh bakalan tetap fresh meski banyak tugas.

d. jangan membuka sosial media

sewaktu ngerjain tugas sebaiknya kamu kerjain aja dulu itu tugas. jangan membuka akun sosial apapun. karena nanti kamu akan tergoda untuk melihat atau membalas komentar teman. itu akan memakan waktu. dan benar-benar membuat kita lelah teman!. soalnya aku sering melakukan hal ini dulu. terasa banget bedanya sekarang ketika aku memprioritaskan tugasku. 

e. anggap tugas itu pahala

tugas itu adalah nantinya juga buat nilai kamu. jika sholat itu adalah tugas dari allah. dan itu adalah tugas dari dosen atau asdosnya. maka nikmati aja , anggap aja kamu lagi mencari pahala. buat nambah nilai kamu juga. ingat seseorang yang dalam belajar itu seperti orang yang berjihad. karena kita berjihad melawan kebodohan. tujuan nantikan untuk kemajuan bangsa. amin 

f. dengarkan musik

misalnya sambil negrjain tugas setelah mandi sore.  maka sangat enak deh ngerjain tugas sambil dengerin musik. sehingga sedikit menghibur jiwa kamu tuh yang lagi full konsentrasi. akhirnya kamu gak benar-benar bosan dengan tugas. 

mungkin itulah yang bisa saya beri solusi. semoga teman-teman tetap bahagia meski tugas satu lemari. amin :)

Minggu, 20 April 2014

NANO-NANO MASA SEKOLAH GUE part 2

setelah kejadian bola takraw dibelakang sekolah kemarin. kali ini gak ada yang mengingat kembali kejadian itu. tejo sepertinya biasa-biasa aja dan begitupun gue and the genk. sebentar lagi adalah kenaikan menuju kelas dua. seperti biasanya selalu mengadakan pengarahan oleh pak shobron di lapangan sekolah. setelah pak shobron ada pak juhendri kepala sekolah kami yang baru. 

pak juhendri baru satu bulan ini dinobatkan sebagai kepala sekolah disini. menggantikan pak hons yang sudah pindah ke tempat lain. sebelumnya pak juhendri adalah guru matematika . seperti yang ada dibenak semua orang kebanyakan guru mtk adalah sosok yang memiliki kadar emosi melebihi rata-rata, emang terbukti pagi ini kepada gue. dan juga udah dibuktikan sebelumnya dikelas gue , penggaris panjang sudah diganti untuk ketiga kalinya. ini semua gara-gara kami yang bukan karena bodoh. tapi sedikit nakal, sehingga penggaris panjang itu menyapa pinggul anak-anak laki-laki yang kerjaannya bolos dan merokok di belakang ketika jam istirahat. pak juhendri seperti punya indra keenam untuk mengetahui siapa saja yang berulah. padahal dia sendiri sewaktu mengajar kami sambil menghisap sampoerna mild. memang benar-benar tidak adil ini menurut murid laki-laki. 

hari ini gak tahu entah tadi malam gue lupa baca doa sebelum tidur, sehingga mimpi buruk gue menjadi kenyataan hari ini. padahal gue udah mandi, sikat gigi, parfuman, makan, bawa perlengkapan dan pamitan sama ortu. pemirsa, hari ini adalah pengumuan ujian. ketika itu semua lagi pada serius mendengarkan pak juhendri .

" setiap kelas akan diberi nomor sesuai dengan nomor ujian kalian, jadi spagi ini kita akan membersihkan kelas . meja dan kursi disusun yang rapi lima kedepan lima kebelakang... jadi dalam satu kelas ada dua puluh lima orang................................. " seperti itulah yang gue dengar. tiba-tiba dibelakang gue ada yang ribut. gue ambil andil mendiamkan mereka sejenak.

" eh kira-kira... kita sekelas gak ya? kata hakiki kepada Rina
" mungkin iya mungkin enggak, , tapi kayaknya elu sekelas sala Helmi deh... " kata Rina
" ah percuma ,, gak bisa nyontek. diakan pelit"
" Siapa yang bilang gue pelit, gue kan cuma belajar untuk disiplin. dosa tau kalo memberi dan menerima contekan" timpal helmi membela diri
 " eh elu bertiga bisa diam gak sih, gue mau dengar pak juhendri ngomong nih. " gue menoleh kebelakang. 
" iya nih, gak tau si kiki bilang gue pelit. padahal tiap hari juga liat pe er gue" timpal helmi
" sudah-sudah, kalian gak usah di terusin. gue gak kedengaran nih suara bapak itu. mana tau ada yg penting"
" ok. siap boss!!!" mereka bertiga kompak

gue berdiri di depan. disebelah gue adalah si tejo yang kemarin bolanya gue lempar ke sumur. dia sepertinya terganggu gara-gara temen gue yang ribut , termasuk gue juga. sesekali melihat kearah kami dengan tatapan 
" diamlah !!" . gue senyum ke dia, eh kok gue jadi senyum. tapi sumpah malu banget gue, dia bukannya senyum tapi malah memasang eksperi yang menjengkelkan gue.

" eh, elu kok gitu sih. masih marah lu sama gue " gue nanya ke tejo.
" ............... " padangan lurus kedeppan dan diam saja . gue merasa dikacangin.
" gue gak marah sama lu, cuma yaaaah..... orang seperti kalian memang perlu dimaklumin.
" maksud loooooo ?" 
" .................." diam sambil nyengir menjengkelkan.
" woi , gue ngomong maksud lo apa "....
"..................." tetap diam tapi serius.

 semua suara terhenti. semua mata tertuju pada gue, termasuh pak juhendri yang benar-benar manis menatap gue. tapi sejenak berubah menjadi seperti mau nelan gue bulat-bulat. 

" hei - hei, kamu lisa kan? kamu bisa kedepan?." mati , mati, asli mati gue hari ini. gue berjalan sambil menunduk kedepan. satu, dua, tiga... gue cuma di diamin. tiba-tiba ada terasa tangan kasar mulai meraba telinga gue. dan memutarnya dengan tanpa ampun. gue di jewer !. dihadapan semua orang . semua kelas. semua.... ada pak shobron juga disana. dan ada kakak kelas gue yang gue sukai. 

" lain kali ulangi lagi ya!, kembali ke barisan !" hanya dua kalimat itu. tapi rasa malu gue sangat kecut hari ini. benar-benar memalukan. 
ketika kembali kebelakang si tejo senyum-senyum ke gue. asli gue benci banget sama dia. gue mendiamkan teman-teman gue yang ribut tadi. tapi gue sendiri....... ah, sudahlah. ini hari ape gue. lihatlah si tejo masih senyum-senyum disebelah gue. gue yakin dia merasa seperti udah menangin pertandingan seratus kali. asli gue benci hari ini. 



Jumat, 18 April 2014

NANO-NANO MASA SEKOLAH GUE part 1

 suatu hari ketika diusia belasan tahun. sekarang masih belasan tahun juga. cuma beda beberapa angka aja , sekitar enam tahun yang lalu. ceritanya gue punya seorang temen deket. namanya anggap aja Tejo. pada awalnya aku dan tejo ini gak kenal and gak deket. tapi akhirnya bisa temenan dan lebih dari sekedar temen. si Tejo ini adalah anak yang bandel, sok kulllll, dan sporty. sangking sportinya setiap hari bawa sepatu satu pasang lagi di gantung di kepala motornya. namun di balik kenakalannya si tejo juga seorang anak yang rajin. hampir setiap hari nyapu guguran daun mangga di depan kelas kami. yah, si tejo telat mulu pantesan nyapu. dihukum.

hari itu  lagi gak ada kelas. soalnya itu hari ekkul , dan ekskul yang gue dan teman-temanpilih adalah negrumpi dan ngegosip bareng sambil makan gorengan di belakang kelas sepuluh G. hari ini hampir semua guru hanya di kantor. mereka sepertinya lagi ada rapat. jadi semua murid di bebaskan dari pengawasan. sambil ngomongin masalah ada rumor misteri yang beredar, tiba-tiba ada yang nemplok di kepala ini. ternyata itu bola takraw. gak tau siapa yang melempar. tiba-tiba datanglah seorang siswa laki2 dari sebelah.... itu dia yang gue bilang si tejo tadi. 

"eh siapa lu , lu jangan pegang-pegang bola gue donk. mau main nih, lu kan gak bisa main" kata si tejo tiba-tiba nyerempet aja kayang ojek gadungan.

" eh... soooorrrriiiii mayori ya. lu gak tau , bola ini barusan hampir bikin benjol kepala gue. bukannya minta maaf malah marah-marah" timpal gue.
" ya udah maaf. puas lo. siniin bola gue!!"

gue beneran gak terima nih. rambut gue yang udah di keramas pake kembang tujuh rupa jadi ada serbuk-serbuk coklat alias tanah. ditambah sakit juga. masa dia hanya minta maaf gituan. gue cari balasan, yah bola ini bakal gue singkirin dari muka bumi ini....

" tuh ambil bola lu di bawah. pake tangga sekalian , hahaha"
" eh eh eh... dasar sinting lo. gimana gue mau ngambilnya. awas ya, gue bilangi temen-temen gue" si tejo seperti kebakaran jambulnya yang mirim kayak menara miring  membelalak ke arah gue yang merasa menang seratus persen . bolanya gue lempar ke sumur sampah. sampahnya baru dibakar, jadi sumurnya agak jauh di bawah. gue yakin dalam sepuluh menit bola itu gak bakalan ada ditangan dia.

gue dan temen-temen gue kompak ambil langkah seribu. soalnya kumpulan anak bola takraw lagi menuju kesini besama si tejo itu. kelihatannya dari jauh sekitar lima belas menit mereka udaah bisa mengambil bola itu. syukurlah, jadi gue gak perlu dikejar sepanjang masa.  sebenarnya gue taku juga soalnya jumlah temen-temen gue udah berkurang. kalo gue sendirian yg ngadepin mereka entar bisa mati kutu gue. gue pun melangkah menjauh ke kantin nenek menghindari mereka.

****
( bersambung )

Selasa, 08 April 2014

you all always on my mind




Aku,,
betapa uniknya aku menurut skepsiku...
aku terkadang sangat ceria, sedang-sedang, dan kadang pendiam....
aku mempunyai keluarga sederhana,,
keluarga yang sangat peduli,,,
juga sangat cuek terhadapku,,,

aku,,
aku dilahirkan dari seorang perempuan mulia, ibuku
beliau membesarkan dan merawatku
tapi satu hal yang berbeda
aku dan ibu tidak terlalu dekat
mungkin kami tak bisa saling mengerti satu sama lainnya
itulah yang membuat aku sangat iri
mengapa semua orang sangat dekat dengan ibunya,,
ibuku bukan diktator,,,
bukan orang yang kejam,,,
tapi aku sendiri yang membuatnya semakin
senakin tidak mengerti aku....
 aku rasa aku kurang perhatian...
tapi ayah dan ibuku merasa mereka telah memberikan lebih utkku
" minta uang , ayah kasih seberapa mau dan adanya kamu minta
ibu relakan untukmu hampir semuanya
apa . kemanapun kau mau pergi, pergila....hhhh"
aku di lepas....
darrrrrrrrrrrr !!!!!!!!!
tidak ada telefon satu kali seminggu tanpa aku yg mulai
tidak ada kiriman tanpa aku yang minta
tidak ada nasehat kecuali jangan nikah dini
tidak ada lagi mungkin perhatian itu.

betapa tidak enaknya aku kira menjadi aku
aku yang begitu kaku
sku sendirian...
pantaskah aku iri... kepada tman disebelahku yg setiap pagi di hubungi
org tuanya,,,
pantaskan?
mungkin terlalu kekanak-kanakan... memang
karena mereka membuatku selalu bergantung pada mereka
aku tak bisa hidup tanpa perhatian dari mereka
hidupku berubah seratus derajad sekarang
aku yang terserah mau kemana
aku yang butuh kiriman berapa..
aku yang harus kuliah bener
tanpa aku yang di perhatikan.

tapi hari ini,,,
lewat tangis terakhirku memecahkan ganggang telefon...
beberapa kali aku protes tapi ibuku.
maklum beliau tak mengerti apa-apa
dan mungkin tak mau mengerti
tak berusahan untuk mengerti...
aku bicara sejujurnya
tapi seakan-akan aku yang salah kawan.

ah terkadang aku sangat benci dengan hidupku
dengan suasana saat ini
dengan sikap cuek semuanya
aku meraasa semakin malas pulang ke rumah
mereka sama sekali tak mengerti jika aku bilang

tapi sudahlah,,
mungkin juga saya yg salah...
mungkin juga kami salah paham....
mungkin saya  yg kurang dewasa
mungkin juga saya yang harus berubah...
mungkin saja.

ayah, ibu, kakak dan adik....
you all always on my mind
i miss you but i sad now
doakan saja orang yang kalian cintai disini
selalu mencintai kalian
dan bisa belajar dengan baik
semoga menjadi orang yang beruntung...
terimakasih atas semuanya.....
semuanya cobaan mungkin....
dimanapun kita berada semoga nanti kita kembali bersama
doakan saya semoga bisa belajar untuk mengerti kalian
sekarang saya mungkin sedang jalan perdamaian terhadap diri ini

your love
lisa purnama

Mengenai Saya