Jumat, 29 Agustus 2014

RINGKASAN MATERI '' STOIKIOMETRI"


Stoikiometri berasal dari bahasa yunani yaitu stoicheion yang berarti unsur atau partikel dan metron yang berarti perhitungan. Jadi, stoikiometri  yaitu limu mempelajari semua perhitungan kimia tidak hanya pada  unsur saja tetapi  juga perhitungan senyawa maupun campuran .

HUKUM-HUKUM DASAR ILMU KIMIA

1.       Hukum Lavoisier
Menyatakan bahwa massa zat sebelum reaksi sama dengan massa zat setelah reaksi

2.       Hukum Proust ( ketetapan perbandingan )
Suatu senyawa perbandingan masa unsure-unsurnya selalu tetap

3.       Hokum Dalton ( perbandingan berganda )
Jika unsure A dan unsure B membentuk lebih dari satu macam senyawa , maka untuk masa unsure A yang tetap , masa unsure B dalam senyawa nya berbanding sebagai bilangan bulat sederhana

HUKUM-HUKUM KIMIA UNTUK GAS

1.       Hukum Gay lussac ( perbandingan volume )
Volume gas-gas yang bereaksi dengan volume gas-gas hasil reaksi akan berbanding sebagai bilangan ( koefisien ) bulat sederhana jika diukur pada suhu dan tekanan yang sama .





2.       Hukum Avogadro
Gas-gas dalam volume yang sama akan mempunyai jumlah molekul yang sama  jika diukur pada suhu dan tekanan yang sama . dalam 1 mol zat mengandung 6,02 x 10 23 partikel , yang disebut bilangan avogadro .






3.       Hukum Boyle
Hasil kali tekanan gas dan volume gas akan selalu tetap jika diukur pada suhu dan tekanan yang sama .





4.       Hukum Boyle – Gay lussac
Hasil kali tekanan gas dan volume gas akan selalu tetap jika dibagi dengan suhu mutlak






5.       Rumus gas ideal  
Berlaku untuk gas dalam setiap keadaan .



Kamis, 28 Agustus 2014

SHOLAT TAHAJUD

SHOLAT TAHAJUD

Salat tahajjud adalah salat sunnat yang dikerjakan di malam hari setelah terjaga dari tidur. Salat tahajjud termasuk salat sunnat mu'akad (salat yang dikuatkan oleh syara'). Salat tahajjud dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.

Sejarah telah mencatat bahwa Rasulullah Saw dan para sahabat selalu melaksanakan shalat tahajud. shalat tahajud adalah shalat yang sangat mulia. Keajaiban melaksanakan shalat tahajud telah tercatat dalam alquran. Ada beberapa keajaiban shalat tahajud seperti berikut ini:
1. Shalat Tahajud sebagai tiket masuk surga …
Abdullah Ibn Muslin berkata “kalimat yang pertama kali ku dengar dari Rasulullah Saw saat itu adalah, “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, bagikanlah makanan, sambunglah silaturahmi, tegakkan lah shalat malam saat manusia lainnya sedang tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).
2. Amal yang menolong di akhirat
Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah).” (QS. Az Zariyat: 15-18)
Ayat di atas menunjukkan bahwa orang yang senantiasa bertahajud Insya Allah akan mendapatkan balasan yang sangat nikmat di akhirat kelak.
3. Pembersih penyakit hati dan jasmani
Salman Al Farisi berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Dirikanlah shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan kamu kepada tuhanmu, (shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh.” (HR. Ahmad)
4. Sarana meraih kemuliaan …
Rasulullah Saw bersabda, “Jibril mendatangiku dan berkata, “Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah shalat waktu malam dan ketidakbutuhannya di muliakan orang lain.” (HR. Al Baihaqi)
5. Jalan mendapatkan rahmat Allah
Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Semoga Allah merahmati laki-laki yang bangun malam, lalu melaksanakan shalat dan membangunkan istrinya. Jika sang istri menolak, ia memercikkan air di wajahnya. Juga, merahmati perempuan yang bangun malam, lalu shalat dan membangunkan suaminya. Jika sang suami menolak, ia memercikkan air di wajahnya.” (HR. Abu Daud)
6. Sarana Pengabulan permohonan
Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa orang-orang yang menunaikan shalat tahajud dengan ikhlas. Rasulullah Saw Bersabda,
“Dari Jabir berkata, bahwa nabi Saw bersabda, “Sesungguhnya di malam hari , ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya, Itu berlangsung setiap malam.” (HR. Muslim)
7. Penghapus dosa dan kesalahan …
Dari Abu Umamah al-Bahili berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Lakukanlah Qiyamul Lail, karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. At-Tirmidzi)
8. Jalan mendapat tempat yang terpuji
Allah berfirman,
“Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’:79)
9. Pelepas ikatan setan …
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Setan akan mengikat kepala seseorang yang sedang tidur dengan ikatan, menyebabkan kamu tidur dengan cukup lama. Apabila seseorang itu bangkit seraya menyebut nama Allah, maka terlepaslah ikatan pertama, apabila ia berwudhu maka akan terbukalah ikatan kedua, apabila di shalat akan terbukalah ikatan semuanya. Dia juga akan merasa bersemangat dan ketenangan jiwa, jika tidak maka dia akan malas dan kekusutan jiwa.”
10. Waktu utama untuk berdoa
Amru Ibn ‘Abasah berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah Saw, “Ya Rasulullah! Malam apakah yang paling di dengar?”, Rasulullah Saw menjawab, “Tengah malam terakhir, maka shalat lah sebanyak yang engkau inginkan, sesungguhnya shalat waktu tersebut adalah maktubah masyudah (waktu yang apabila bermunajat maka Allah menyaksikannya dan apabila berdoa maka didengar doanya)” (HR. Abu Daud)
11. Meraih kesehatan jasmani
“Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri pada Allah Swt, penghapus dosa, dan pengusir penyakit dari dalam tubuh.” (HR. At-Tarmidzi)
12. Penjaga kesehatan rohani
Allah SWT menegaskan bahwa orang yang shalat tahajud akan selalu mempunyai sifat rendah hati dan ramah. Ketenangan yang merupakan refleksi ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakat.
Allah Berfirman, “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64)

SUMBER :
id.wikipedia.org/wiki/Salat_Tahajud
www.eramuslim.com › Peradaban › Mukjizat Quran & Sunnah




Senin, 25 Agustus 2014

Lirik - Take A Bow

Oh, How about a round of applause, Yeah 
A standing ovation 
Oooooo, Yeah 
Yeah, Yeah, Yeah, Yeah

You look so dumb right now 
Standing outside my houseTrying to apologize 
You’re so ugly when you cry 
Please, just cut it out

[Chorus] 
Don’t tell me you’re sorry cuz you’re not
Baby when I know you’re only sorry you got caught 
But you put on quite a show
 You really had me going
 But now it’s time to go 
Curtain’s finally closing
 That was quite a show 
Very entertaining 
But it’s over now (But it’s over now) 
Go on and take a bow
 
Grab your clothes and get gone (get gone)
 You better hurry up 
Before the sprinklers come on (come on) 
Talkin’ bout'Girl, I love you, you’re the one
 This just looks like a re-runPlease, what else is on (on)
 
[Chorus] 
And don't tell me you’re sorry cuz you’re not 
Baby when I know you’re only sorry you got caught 
But you put on quite a showYou really had me going
 But now it’s time to go 
Curtain’s finally closingThat was quite a show 
Very entertaining 
But it’s over now (But it’s over now) 
Go on and take a bow

[Bridge] 
Oh, And the award for 
The best lie goes to you (goes to you) 
For making me believe (that you)That you could be faithful to me 
Let's hear your speech, Oh
 
How about a round of applause
 A standing ovation
 
But you put on quite a show
 Really had me goingNow it’s time to go 
Curtain’s finally closing
 That was quite a show
 Very entertaining 
But it’s over now (But it’s over now) 
Go on and take a bowBut it’s over now

Minggu, 24 Agustus 2014

SHOLAT DHUHA

SHOLAT DHUHA

Shalat Dhuha adalah shalat sunah yang dilakukan setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu zhuhur. Afdhalnya dilakukan pada pagi hari disaat matahari sedang naik ( kira-kira jam 9.00 ). Shalat Dhuha lebih dikenal dengan shalat sunah untuk memohon rizki dari Allah, berdasarkan hadits Nabi : ” Allah berfirman : “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang ( Shalat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya “ (HR.Hakim dan Thabrani).

Sholat dhuha dilakukan dalam satuan dua rakaat satu kali salam. Sementara itu untuk berapa jumlah maksimal sholat dhuha ada pendapat yang berbeda dari para ulama, ada yang mengatakan maksimal 8 rakaat, ada yang maksimal 12 rakaat, dan ada juga yang berbedapat tidak ada batasan.

Doa Shalat Dhuha :

Latin: “Allahumma innad dhuha-a dhuha-uka, wal baha-a baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ismata ‘ismatuka. Allahumma in kana rizqi fis sama-i fa-anzilhu, wa in kana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kana mu’assaron fa yassirhu, wa in kana haroman fathohhirhu, wa in kana ba’idan faqorribhu, bihaqqi dhuha-ika, wa baha-ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudrotika, aatini ma atayta ‘ibadakas sholihin”.

Artinya: “Ya Allah, bahwasannya waktu dhuha itu adalah waktu dhuha-Mu, dan keagungan itu adalah keagungan-Mu, dan keindahan itu adalah keindahan-Mu, dan kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, maka turunkanlah, jika masih di dalam bumi, maka keluarkanlah, jika masih sukar, maka mudahkanlah, jika (ternyata) haram, maka sucikanlah, jika masih jauh, maka dekatkanlah, Berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hambaMU yang sholeh”.

HIKMAH MELAKSANAKAN SHOLAT DHUHA

Pertama, orang yang shalat Dhuha akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah. “Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Turmudzi)

Kedua, barangsiapa yang menunaikan shalat Dhuha ia tergolong sebagai orang yang bertaubat kepada Alah. “Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.” (HR. Hakim).

Ketiga, orang yang menunaikan shalat Dhuha akan dicatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah. “Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

Keempat, orang yang istiqamah melaksanakan shalat Dhuha kelak ia akan masuk surga lewat pintu khusus, pintu Dhuha yang disediakan oleh Allah. “Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala.” (HR. At-Thabrani).

Kelima, Allah menyukupkan rezekinya. “Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.” (HR. Abu Darda`).

Keenam, orang yang mengerjakan shalat Dhuha ia telah mengeluarkan sedekah. “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.” (HR Muslim).

ES CENDOL



BAHAN :

- 125 gr tepung beras
- 50 gr tepung sagu
- 75 cc air daun pandan suji
- 450 cc air
- 200 gr gula jawa di rebus dengan 125 cc air sampai larut dan kental
- 500 cc santan dari 1/2 butir kelapa peras dg air matang

CARA MEMBUAT :

- campurkan tepung beras dan sagu menjadi satu lalu cairkan dengan sebagian air
- didihkan sisa air dengan garan dan daun pandan suji
- masukkan cairan tepung ke dalam air yang sudah mendidih tadi, aduk dan masak hingga kental dan matang
- disaring adonan cendol dengan saringan cendol   ygberbetuk bulat pada permukaan saringan .
- sambil ditekan hingga keluar bentuk bulat-bulat pendek
- tampung cendol dalam baskom yang berisi air matang dan es batu
- jika cendol sudah mengeras saring dan sisihkan

CARA MENGHIDANGKAN :

- masukkan cendaol ke dalam gelas
- tuangkan sirup gula merah dan santan
- tambahkan es batu atau es serut
- siap disajikan

Usia 20

Usia 20 adalah saat dimana kita sudah bukan remaja lagi. Saat-saat mulai memikirkan tentang apa yang sudah kita lakukan selama dua puluh tahun hidup dan apa yang akan kita lakukan untuk masa depan. Saat itu kau akan merasa bahwa semua keadaan mulai berubah. Kau bukan anak kecil lagi yang selalu merengek kepada orang tua, saat itu kau mulai menginginkan kehidupan yang mandiri dalam biduang apapun terutama finansial. Apa lagi yang menjadi  mahasiswa , jika kau saat ini sepenuhnya mendapatkan beasiswa pribadi dari ayah dan ibumu. Tentunya di usia 20 ini kau akan merasa betapa aku ingin hidup mandiri lepas dari tanggung jawab mereka bukan ?.  Itulah yang aku rasakan teman dan teman-temanku juga merasakan hal yang sama. Di usia ini kita menginginkan kehidupan selayaknya bagaimana untuk menjadi dewasa baik dalam mental maupun ekonomi.

Aku melihat kembali ke belakang. Apa saja yang telah ku lewatkan dalam usia yang bukan sebentar ini. Ternyata aku merasa seperti menghabiskan waktu begitu saja selama dua puluh tahun. Tidak banyak hal istimewa yang ku lakukan untuk membuat bangga orang tuaku. Bahkan rasanya aku telah menjadi beban terberat mereka selama dua puluh tahun ini. Terutama dalam ekonomi. Aku adalah anak kedua yang katanya sangat royal dalam menghamburkan uang. Kalimat itu sering ku dengar tapi baru kali ini aku menyadarinya. Entah mengapa aku menyadarinya di usia yang ke - 20 ini . Aku belum bisa memenuhi kebutuhanku sendiri. Itulah hal yang paling membuatku cemas. Tak mungkin selamanya aku bergantung kepada mereka. Mungkin dua atau tiga tahun lagi jatahku sudah tak ada lagi dalam rincian pengeluaran ayah dan ibu. Ya ampun tuhan, maafkan aku selama ini kurang produktif membangun hari-hari dalam dua puluh tahun hidupku. 

Itu hanya dari segi kehidupanku secara ekonomi. Berbeda lagi dengan segi sosialku. Di usia remajaku aku bersyukur karena tidak menghabiskan waktu hanya untuk pacaran . Sedikitnya aku termasuk yang rajin belajar, sehingga saat ini aku tidak terlalu menyesalinya. Setidaknya aku telah menghabiskan waktu yang bermanfaat sehingga aku bisa kuliah di jurusan yang memang aku impikan ini.


Ada berbagai hal yang aku alami. Sangat banyak… yang paling berkesan diantaranya mengahapi kelulusan sekolah dan berbagai ujian. Pengalaman terlambat sekolah dan kuliah sehingga dimarahi guru atau dosen. Berselisih dengan teman satu kostan hingga dia pindah dari kost itu. Susahnya move on dari cinta pertama. Mendapat nilai buruk. Di tolak dalam penerimaan beasiswa dan pekerjaan . Menangis hamper bunuh diri ( lebai ) karena di putusin pacar. Dan masih banyak lagi lainnya. Tapi yang paling aku cemaskan saat ini adalah segi finansialku yang belum ada ketemu  jalan keluarnya. Semoga dimudahkan amin.  Aku berharap aku bisa memperbaiki sejarah hidupku di usiaku selanjutnya. Amin. Yah itulah usia 20-an yang aku rasakan teman. Aku berharap kita semua menjadikan usia 20 ini sebagai usia dimana kita dapat berfikir sejenak apa yang telah kita lakukan dan apa yang kemudian kita inginkan. Terimakasih

Sabtu, 23 Agustus 2014

Puisi

PATAH HATI

Dengan cinta kau bawa aku masuk dalam duniamu
Kau mencintaiku dan aku mencintaimu
Kita berdua  saling mencintai
Aku tak menemukan satu alas an apapun ketika mencintaimu
Yang aku tahu jantungku  berdebar saat ada kamu
Darahku mengalir kencang saat disampingmu
Sejak saat itu kau telah memiliki hatiku
Aku sangat menyayangi kamu
Tapi bencana terjadi pada cinta kita
Bencana yang memisahkan kita
Mungkin itu salahku yang tak bisa setia
Aku yang tak bisa mengerti kamu
Aku yang terlalu kasar terhadapmu
Maklum saat itu kita masih sangat muda
Aku lebih mengutamakan kehidupanku disbanding kamu
Aku berfikir  aku bisa melupakanmu
Ketika aku memutuskan meninggalkanmu
Tapi aku salah …
Aku bahkan semakin mencintaimu
Setiap hari aku berjuang melawan rindu
Aku merindukanmu …
Meski yang ku inginkan sudah ku raih
Tapi aku tetap tak bisa melupakanmu
Aku terlalu egois …
Jujur aku merasa sebagian nafasku tinggal bersamamu ….
Apakah aku harus kembali kepadamu setelah meninggalkanmu
Ya, aku mulai mencarimu kembali….
Jarum jam sudah sangat jauh terlewati…
Kau bukan orang yang sama seperti dulu…
Saat ini kau sangat dingin..
Aku tak tahu harus mengatakan apalagi dihadapmu..
Seribu maaf pun tak akan mungkin menggantikan salahku
Kau hanya diam
Aku ingin berteriak…  dalam hatiku
Aku masih mencintaimu…
Tapi salahku itu sangat fatal bagimu…
Sayang, mengapa kau tak bisa menerimaku kembali
Beri aku kesempatan untuk mencintaimu
Meski untuk satu hari dalam hidupku
Apakah memang tak ada secelah ruang pun lagi untukku
Percayalah aku akan berubah
Karena aku tahu cinta tak bisa digantikan dengan apapun
Tahun demi tahun berlalu
Kau masih diam tak berkutik
Sepertinya aku menemukan jawaban
Kau tak bisa menerimaku lagi..
Apakah ini rasanya patah hati….
Aku hanya berdoa semoga tuhan memberiku kekuatan
Semoga aku bisa tetap berjalan
Walau bagaimanapun kejadian ini memberiku pelajaran
Aku harus tetap melangkah
Kau adalah kenangan yang tak pernah ku lupakan…
Tapi mungkin kau bukanlah  cinta sejatiku
Semoga aku bisa bertemu orang lain
Yang  mencintaiku dan kucintai sampai akhir hidupku


Writ by : Lisa Purnama 

Jumat, 22 Agustus 2014

HANA TAJIMA SIMPSON


Cara Membedakan Mahasiswa Baru Dan Mahasiswa Lama


            
        Suatu ketika ketika gue dan dua teman gue lainnya pergi kerumah makan di depan gerbang kampus tempat kuliah gue. Ngapain kita ke rumah makan ? Tentunya untuk beli makan dounkzzz. Berhubung kita-kita baru tiba dari kampung halaman habis menjalani jatah liburan selama satu bulan. Singkat cerita setelah beli nasi kita langsung ke kasir untuk bayar . Di Jambi mah, harga nasi masih delapan ribuan satu bungkus mau lauknya apa aja. Tapi gak tahu ditempat teman-teman . Tiba-tiba sambil bayar , si ibu yang ada di kasir bilang “dik, kalian anak baru ya ?” . Huff…. Kami bertiga saling pandang sambil senyum-senyum. “kita anak lama bu’’. Si ibu langsung bulang lagi “oh, ibu  kirain anak baru disini ”. Yah, itulah pengalaman kesekian kalinya gue di bilang anak baru. Memangnya kenapa sih kita dibilang anak baru. Emangnya gue bawa tanda-tanda seperti anak baru gitu kali ya? . Nah, berdasarkan pengalaman gue , yang gue tahu cara membedakan anak baru dan lama adalah dengan mengenali ciri-cirinya atau bertanya langsung ke orangnya .

Ciri-ciri mahasiswa baru atau anak baru adalah :

1.     Banyak tanya alias kepo

Nah, ini ciri-ciri paling pas buat anak baru yaitu banyak tanya. Ini bukan sekedar hasil pengamatan tetapi pengalaman gue sendiri ketika masih baru . Alasannya karena kita masih baru dan  ingin tahu lebih tentang apa aja yang ingin kita ketahui. Ini nih yang bikin senior sebel nih biasanya. Sekarang gue menyadarinya sendiri ketika gue dikepoin sama maru-maru ( mahasiswa baru )

2.     Kalo berjalan suka rombongan

Ini juga cirri-ciri yang pas buat mengetahui kalo dia itu anak baru. Mereka biasanya masih kurang pede kalo sendirian , jadi masih tergantung sama teman-teman. Apa lagi di tempat baru, sendirian kan bahaya, bisa nyasar atau gak tahu jalan pulang. Hahaha gak lucu juga kali yah.

3.     Kelihatannya kalem , manis , ramah, atau pendiam

Yah anak baru itu memang kelihatannya baik – baik semua. Hampir deh….  Soalnya mereka masih butuh untuk bersosialisasi ekstra ditempat baru. Mereka menampilkan diri mereka baik dan apa adanya. Jadi, kelihatannya polos banget .

4.     Berdandan masih lebaiiiiiii dan gaya SMA

Teman-teman tahukan anak sma itu masih lebay alias alai dandanannya . Suka pakai warna-warna yang ngejreng gitu. Itu masih dipake sama mereka ketika ditempat baru. Karena mereka belum sepenuhnya mengerti tentang cara berdandan anak kuliahan alias orang dewasa. Dan rasa keremajaannya masih sangat banyak saat ini.

5.     Kalo berjalan malam-malam suka pakai baju tidur

Nah. Ini juga nih … yang bikin gue heran , mereka suka pakai baju tidur masuk ke minimarket atau beli makan . Mungkin mereka merasa biasa-biasa aja. Karena memang mereka belum banyak punya teman. Jadi belum takut malu untuk ketemu sama siapapun kalo kelihatan keluar pakai baju tidur. Kalo gue sih ada , tapi jarang banget.

6.     Manggil kita kakak

Kalo dia manggil lo kakak. Itu menandakan banget kalo dia adalah dik tingkat pertama dikampus kamu.


Jadi , mungkin itulah yang dapat gue bagikan sama teman-teman semuanya. Walaupun gak terlalu penting. Tapi setidaknya kita bisa mengetahui itu adalah anak baru atau bukan. Atau supaya kita enggak salah tebak. Kan gak enak juga langsung Tanya “eh kamu anak baru ya ?”. kan gak sopan juga ya. Selamat membedakan ya guys…. 

Kamis, 21 Agustus 2014

DERITA MAHASISWI KELAS MENENGAH

ASSALAMUALAIKUM ,,


Berawal dari sbuah nama,, lisa purnama. Itu nama pemberian dari ortu gue,, kata ayah dia yg bikin,, kata ibu ibu yg bikin tu nama. Enggak ad yg mau ngalah. Setahu gue,, kata ibu dulu dia smpat mau namain gue romiah,, waw. Tapi ayah tiba2 protes.. Itu nama terlalu jadul buat gue. Krna gue lahir pas bulah muharram klender hijriah,, dan pas pd malam bulan purnama, gue dinamain lisa purnama. Lisa,, mungkin krna wktu itu lagi ngetrend nama lisa di tivi. Skarang gue dipanggil lisa,, lisyuuut,,, ada juga yg manggil kebalik chhaaaliii. Illfeel gue sebenarnya,,

Ya udah ,, cemoongeood eaccch lisaa,
biar dapet ipk 4,00 semester ini,, amin ( mimpi sambil jungkir balik,, makan sosis )


Buat kantong yang lagi mandet,, plisss donk jaga diri,, pengeluaran banyak nih,, kiriman dibatasi gara-gara ngotot beli gitar,, eh malah dibatasi kirimah,, juaaahaaat :(,,,, buat tugas yang lagi menumpuk,, buat persediaan indomi yang tinggal tiga,, bawang merah gue yang unyu-unyu tinggal enam,, buat hutang sama kak ria

CERITA

dear....

wktu brjalan terasa bgitu sgkat yah,, gk terasa nih udh smster dua kuliah.... Makin lama nih ,, maksudnya?
Ada deh....
Tadi pagi aku ke rumah tmen aku, namnya sinta, sblum krmah aku sms ke dia dulu,, gak di balezz,, terus.... Aku lgsung aja deh krumahnya skitar jam spuluhan lah... Smpe dirumahnya,, pntu kmrnya dtutup,, kta tmen2nya sintanya lagi tidur. Di ketok-ketok gak bangun, di telfon eh malah di reject.. Udah triak2 nih.. Smpe kmi udah gedor2 pntu kmarnya gak bangun juga. Wah.. Buset deh,, ni ank tdurnya bhya nih. Klo ada kbakaran gmana ngebanguninnya...

skitar splluh menit berlalu . Aku nyerah deh,, dianya gak bakal bangun. Pdahal lgi buth bnget nih buat pnjam modulator demodulator... Buat ngtes koneksi. Akhirnya aku mmutuskan untuk krmah tmnku stunya lagi si wulan, alhmdulillh ada nih.

MY FIRST GOAL


start,,
Pertengahan tahun 2012 aku lulus sma dan alhamdulillah juga lulus masuk ke perguruan tinggi terbaik di provinsi jambi ini melalui snmptn jalur tulis dengan pilihan kedua. Aku rasa saat itu cukup bahagia walaupun pilihan kedua di chemistry development, fkip unja. Pilihan pertamaku di kedokteran unja pun kandas. Semua yang ku bayangkan kandas. mulai dari memeriksa pasien,, melakukan operasi kecil, menulis resep dengan tulisan ala dokter , dan sebagainya terasa hilang begitu saja. Aku sadar, mungkin tuhan memilih takdirku di sini. Dan aku pun juga tidak tahu kalau ternyata nanti tujuan kuliahku adalah menjadi guru. Oh my god.... Aku baru tahu akhir-akhir ini.

Pikiranku pun acak-acakan dimulai dari hobiku melukis,menulis, dan berimajinasi itu, apakah mugnkin aku akan menjadi guru kimia?. tapi sesungguhnya aku sangat mencintai kimia, lebih dari bidang studi non religi manapun. Meskipun dengan isi kepala yang naik turun ini, aku masih mencintai kimia. Aku juga tidak tahi mengapa, yang jelas aku merasa nyaman jika mmbaca buku kimia, meski ujianku msih ttap dibwah standar. aku mrasa tidak apa-apa yg penting aku msih punya kesempatan untuk memperbaikinya.

"sudah ibu bilanng dulu... Kamu jangan milih itu,, itu sulit...", kata ibuku. Nah,,, kok jadi begini. Ibuku selalu begitu..... Menyesali, menyesali, dan menyesali. Aku berharap dia memberi motivasi, tapi begitulah adanya . Walaupun begitu aku tetap saja sering menangis mengurung diri dikamar karena sangking rindunya dengan ibu.

Pertama masuk kuliah rasanya berbeda banget dengan pertama kali masuk sma yang gak banyak ini itunya. Mulai dari pengenalan kehidupan kampus, daftr ulang, kontrak mata kuliah, dan semuanya memang berbeda. Ketemu teman2 baru, tempat tinggal baru dan suasana belajar baru.
Aku tidak kesulitan mendapatkan teman, karena emang aq langsung punya banyak teman. tapi diam-diam sebenarnya aku lebih menyukai kesunyian . rencana hidupku adalah, siang hariku untuk orang2 dilingkunganku, untuk berbagi dengan orang lain diluar rumah. Sedangkan dimalam hariku aku ingin sendiri mengurung diri tanpa siapapun menggangguku. memang begitulah yang aku inginkan, aku butuh sesuatu dalam kesunyian. disana ada ketenangan, waktu untuk beristirahat, belajar, menulis, dan apapun itu yang membutuhkan ketenangan. Sehingga siang hari biasanya aku memang jarang pulang kerumh.

aku menulis banyak cita2ku didalam sebuah buku. Aku mulai memasuki ukm2 dan kegiatan kemahasiswaan lainnya. awalnya aku sangat bersemangat. Kurasakan asiknya kehidupanku dengan kesibukan ini itu, hal baru. dan aku juga bersyukur karena aku msih menjaga nilai2 kuliahku yang pas dengan target tanpa ada selisih angka. Aku mengikuti seminar apapun yang tidak mengganggu kuliahku. Sehingga waktuku hanya untuk kampus, kampus, dan kampus.

Seiring waktu berlalu. Aku merasakan ada yang beda dengan diriku, aku tidak menemukan siapa aku yang sekarang ini. Aku mulai merasakan kejenuhan, ketidaknyamanan, ada pemberontakan kecil dalam dadaku yang semakin menguak. Pucaknya, aku merasa telah kehilangan diriku. Bukankah seharusnya yang ku lakukan adalah hal positi? ...... Terkadang aku sering berjalan menyusuri trotoar unja, aku berfikir aku tidak menemukan aku disini. Selama ini aku hanya menjadi orang lain, aku ingin menjadi seperti dia atau dia. Aku melakukan yang tidak kusukai meski terlihat aku menyukainya. Aku merasakan ada deskriminasi buat orang2 sepertiku. Aku tidak menyukai deskriminasi. Tidak !

Dua bulan terakhir ini aku lebih banyak melakukan petualangan sendiri, mulai dari jalan - jalan sendriri menikmati suasana jiwaku yang menyukai kesendirian. sesekali aku melakukan pemotretan ditempat2 yang kuanggap unik, indah, dan bagus untuk difoto. Menyusuri bangunan2 tua untuk dipotret, ke hutan pinggir kampus dan lainnya. Semua itu ku lakukan sendiri.... Aku ingin menikmati suasana jiwaku. Melakukan hal2 yang tidak membosankan, menghasilkan karya itu lebih baik dari pada harus menjadi orang lain.

Sebenarnya aku juga tidak menykai kesendirian, tapi ketenangan. Disana aku bisa menikmati suasana hatiku. hal ini sudah kulakukan sejak kecil,, tapi aku belum menyadarinya. Menjadi diri sendiri itu lebih menimbulkan ketenangan sendiri.

Diari Masa Kecilku

hei,, apa kabar rabu pagi???....
bahagianya saat ini aku masih bisa menikmati sejuknya belaian angin pagi,, lembut menggigit serasa sampai ketulang. Pagi ini di awali dengan sepiring nasi,, dan segelas mineral water. Lumayan,, belum sempet masak karena dari pagi hingga tdi malam harus bolak - balik ksana kmari. baru bisa tenang di rumah sekitar pukul 22.oo , dua jam kemudian baru bisa Istirahat. dan jam 5 subuh hrus bangun lgi,, istrahatnya cma 4 jam . Tapi cukup lah, istirahat itu bukan dilihat dari waktunya, tetapi kadarnya.

Aq tinggal disini udah hampir satu tepat satu tahun. Tinggal menghitung hari yang kurang dari seratus hari. Tiga bulan dong,,!!! . Aq datang ke kota ini pun awalnya sendirian, gak ada siapa2. modal niat yang iklhlas untuk mencari ilmu lah yang membuat kita merasa kuat dan yakin dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan. Setelah beberapa minggu disini baru ada satu persatu teman se country yang tahu, yah itupun karena ayah dan ibu yang terlalu khawatir sama putri keduanya ini. Jadi, mereka sengaja cari orang dari same country untuk jadi temen aq disini, wlaupun sbnarnya aq emang btuh temen. Maklum masih kuper gitu. Tapi gak kuper amat lah. Cuma gak tau jalan aja kalo mau kemana-mana. :b

aku gak hbis pikir orang tua q sampai segitunya. Mungkin krna emang terlalu sayang kali ya sama anaknya. dari kecil aq lebih biasa bermain sendiri , krna emang wktu kecil gak ada siapa2 di rumah selain kami berdua. Aku dan ibu. Gak ada tetangga, maklum dulu kami tinggal di tengah kebun yang jauh dari pemukiman. Aq pun menjalani setengah dari masa kecilku disana, bermain sendiri, bicara sendiri, apapun sendiri. kadang ketika ibu nyabit rumput aku pun ikut karena aku tak mau terus tinggal sendirian di gubuk kecil yang berukuran 3x3 berdindingkan bambu itu. tapi saat itu aq rasa aku selalu bahagia, karena disana banyak tumbuhan yang bisa aq petik kapan aja untuk dijadikan bahan masakan mainan, yah seperti itu adanya.

Setiap satu bulan sekali kami biasanya baru pulang ke rumah kami sebenarnya di pemukiman penduduk. Yang bisa ditempuh dalam waktu 4 jam dari kebun. sebagai anak yang biasa tinggal di pedalaman aku pasti merasa berbeda jika di rumah di desa, karena disana begitu ramai. Banyak tetangga, dan aku pun tetap lebih menyukai keadaan yang lebih sunyi. Disana aku bisa melakukan apa saja tanpa banyak yang mengganggu mainanku dan bertanya ini itu padaku. aq hanya butuh satu teman, tidak lebih.
Yaitu fik, dia adalah anak yang sama sepertiku tinggal di tempat yang sunyi, terkadang aku bermain dengannya . Tetapi hanya sesekali saja, ketika ibunya menitipkan dia di tempat Kami. Setelah beberapa tahun lalu aku mendengar jika sahabat kecilku sudah pergi untuk selamanya, aku sangat sedih. Selamat jalan sahabat kecilku fik, kamu akan selalu ku kenang dalam hatiku. Semoga kamu mendapat tempat yang baik disyurga. Amin.

Setelah memasuki usia sekolah aku tidak ikut bersama ibu lagi di kebun. Aku di tinggalkan bersama ayah dan kakakku yang masih kelas satu smp. Suasana berbeda,, ketika begitu banyak teman dikelas baruku. Ah ku rasa tak enak sekali, harus ke sekolah setiap hari , tanpa ibu disini. Tak ada yang mencuci bajuku, yang memakaikan rok q, memasukkan buku2ku . Ibu hanya satu minggu menungguiku dirumah, sehabis itu aku di urus oleh kakak dan ayah. memang sesederhana itulah. Rambutku yang sebatas leher setiap pagi di olesi minyak kemiri oleh kakak, haduh... Gatel banget. Sekali2 di kasih pita kek atau bandana. Kakakku tak bisa mendandadiku seperti itu... Kadang aku tak di mandiin. Yah aku sih terima2 aja, yang penting aku gak di marah. setiap pagi kami sarapan bertiga , kakak sebagai koki kami. Walaupun masih kecil tapi kakakku pintar masak, tidak seperti aku yang menerima apa adanya saja diatas meja makan.

Setiap pagi ayah mengantar aku dengan honda astreanya yg berwarna merah. Tetapi sekarang sudah dijual. Sesampai disekolah aku hanya langsung duduk atau melihati teman2ku yang bermain sebelum bel berbunyi. Aku masih belum punya teman yang akrab. Dan aku pun terkadang selalu di olok2 atau dijahilin teman2ku itu, karena tak ada satupun yang membelaku. akibatnya aku lebih senang belajar karena saat itu tak ada yang menggangguku,


Bersambung...
Mau siap2 kuliah.

Mengenai Saya