Minggu, 08 Desember 2013

OBAT HATI

pernah tidak shobat merasakan dikala hati sangat risau,, kalut ,, gelisah ,, gundah dan sebagainya ?
apa yang terjadi selanjutnya dalam hari-hari kita jika mendapati suasana seperti itu. sama seperti manusia lainnya kita pasti dapat merasakan sedih, senang, kecewa dan sebagainya. hati adalah sumber segalanya yang kita lakukan. jika hati tentram semuanya pasti akan jadi mudah dan enjoy dilaksanakan. tapi jika hati lagi kalut dan sebagainya semua juga akan ikut kusut sembraut mengikuti irama hati.

saya pun sering merasakan suasana hati seperti ini dan akibatnya sangat tidak baik dalam hari-hari saya. contohnya nilai ujian yang rendah , berselisih dengan teman dan lingkungan dan saya menjadi sangat down dalam semangat saat itu. kemudian saya berfikir apa yang harus saya lakukan diantaranya adalah:

1. mencari sumber pencemar hati

saya mencoba memikirkan kembali kronologinya hati saya mengapa seperti ini. ternyata biasanya hal itu diawali dengan satu fikiran negatif dan kemalasan. misalnya, saya merasa kurang beruntung atau merasa kurang dihargai. alhasil memang saya menjadi kurang beruntung dihari itu. karena fikiran degatif saya semua memang menjadi kurang beruntung. kemudian setelah itu karena saya malask-malasan meskipun dalam hal kecil. misalnya malas datang rapat dalam sekali saja. hal itu membuat rekan-rekan saya menjadi berbisik dan saya merasa tidak enak. hasilnya hati saya menjadi porak poranda. setelah mengetahui hal ini saya pun mencoba untuk berfikir positif dan tidak melas malasan dan menunda tugas yang dapat memicu suasana hati yang buruk.

2. Bersyukur

pernahkah kita merasakan bahwa yang kita miliki jauh lebih kurang dari si A atau B. dan itu menandakan kita kurang bersyukur. dengan bersyukur kita akan menjadi ikhlas menerima kekurangan kita dan menghargai kelebihan orang lain. bukankah setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tuhan itu maha adil loh..... so, jangan pernah kita merasa belum cukup. hanya saja mungkin dalam hal tertentu kita lebih rendah dari teman kita, namun kita bisa mengunggulkan dari segi yang lain. iya kan ?

3. Menjaga hubungan dengan lingkungan

nah, yang satu ini yang lebih penting. yaitu menjaga hubungan dengan orang-orang disekieliling kita. setiap manusia punya hati dan perasaan . jangan sampai kita menyakiti yang lain kalau tak ingin mendapat imbas bakal disakiti juga. mulailah berkata yang baik. humor yang positi, tidak melecehkan. karena terkadang kita terlalu sering bercanda , akibatnya ada bahan candaan yang kurang berkenan buat shobat-shobat kita. yah jadi deh boomerang hati. mis komunikasi bisa terjadi. hasilnya hati kamu bisa kena imbasnya deh... apa lagi buat yang kuliah , jaga perasaan dosen, asdos kamu dan teman-teman itu sangat greaat deh. silahkan diaplikasikan ya shobat...


itu saja diantara obat hati yang secara mudah dapat dilakukan tanpa bayar dulu. kamu bisa melakukan kapan saja dan dimana saja. asalkan kamu selalu berpikir positif , rajin melaksanakannya, menjaga hubungan dengan orang lain serta selalu bersyukur kepada sang pencipta . oh ya,, buat yang muslim. ingat lagunya opik kan? disana juga ada obat hati. baca Al-qur'an, alias ngaji itu sangat baik buat ngasih vitamin ke hati kita lho. coba deh !!!!

Mengenai Saya