Jumat, 22 Agustus 2014

Cara Membedakan Mahasiswa Baru Dan Mahasiswa Lama


            
        Suatu ketika ketika gue dan dua teman gue lainnya pergi kerumah makan di depan gerbang kampus tempat kuliah gue. Ngapain kita ke rumah makan ? Tentunya untuk beli makan dounkzzz. Berhubung kita-kita baru tiba dari kampung halaman habis menjalani jatah liburan selama satu bulan. Singkat cerita setelah beli nasi kita langsung ke kasir untuk bayar . Di Jambi mah, harga nasi masih delapan ribuan satu bungkus mau lauknya apa aja. Tapi gak tahu ditempat teman-teman . Tiba-tiba sambil bayar , si ibu yang ada di kasir bilang “dik, kalian anak baru ya ?” . Huff…. Kami bertiga saling pandang sambil senyum-senyum. “kita anak lama bu’’. Si ibu langsung bulang lagi “oh, ibu  kirain anak baru disini ”. Yah, itulah pengalaman kesekian kalinya gue di bilang anak baru. Memangnya kenapa sih kita dibilang anak baru. Emangnya gue bawa tanda-tanda seperti anak baru gitu kali ya? . Nah, berdasarkan pengalaman gue , yang gue tahu cara membedakan anak baru dan lama adalah dengan mengenali ciri-cirinya atau bertanya langsung ke orangnya .

Ciri-ciri mahasiswa baru atau anak baru adalah :

1.     Banyak tanya alias kepo

Nah, ini ciri-ciri paling pas buat anak baru yaitu banyak tanya. Ini bukan sekedar hasil pengamatan tetapi pengalaman gue sendiri ketika masih baru . Alasannya karena kita masih baru dan  ingin tahu lebih tentang apa aja yang ingin kita ketahui. Ini nih yang bikin senior sebel nih biasanya. Sekarang gue menyadarinya sendiri ketika gue dikepoin sama maru-maru ( mahasiswa baru )

2.     Kalo berjalan suka rombongan

Ini juga cirri-ciri yang pas buat mengetahui kalo dia itu anak baru. Mereka biasanya masih kurang pede kalo sendirian , jadi masih tergantung sama teman-teman. Apa lagi di tempat baru, sendirian kan bahaya, bisa nyasar atau gak tahu jalan pulang. Hahaha gak lucu juga kali yah.

3.     Kelihatannya kalem , manis , ramah, atau pendiam

Yah anak baru itu memang kelihatannya baik – baik semua. Hampir deh….  Soalnya mereka masih butuh untuk bersosialisasi ekstra ditempat baru. Mereka menampilkan diri mereka baik dan apa adanya. Jadi, kelihatannya polos banget .

4.     Berdandan masih lebaiiiiiii dan gaya SMA

Teman-teman tahukan anak sma itu masih lebay alias alai dandanannya . Suka pakai warna-warna yang ngejreng gitu. Itu masih dipake sama mereka ketika ditempat baru. Karena mereka belum sepenuhnya mengerti tentang cara berdandan anak kuliahan alias orang dewasa. Dan rasa keremajaannya masih sangat banyak saat ini.

5.     Kalo berjalan malam-malam suka pakai baju tidur

Nah. Ini juga nih … yang bikin gue heran , mereka suka pakai baju tidur masuk ke minimarket atau beli makan . Mungkin mereka merasa biasa-biasa aja. Karena memang mereka belum banyak punya teman. Jadi belum takut malu untuk ketemu sama siapapun kalo kelihatan keluar pakai baju tidur. Kalo gue sih ada , tapi jarang banget.

6.     Manggil kita kakak

Kalo dia manggil lo kakak. Itu menandakan banget kalo dia adalah dik tingkat pertama dikampus kamu.


Jadi , mungkin itulah yang dapat gue bagikan sama teman-teman semuanya. Walaupun gak terlalu penting. Tapi setidaknya kita bisa mengetahui itu adalah anak baru atau bukan. Atau supaya kita enggak salah tebak. Kan gak enak juga langsung Tanya “eh kamu anak baru ya ?”. kan gak sopan juga ya. Selamat membedakan ya guys…. 

Mengenai Saya