Rabu, 23 April 2014

BAGAIMANA MENGHADAPI TUGAS-TUGAS YANG BANYAK?

Menjadi mahasiswa adalah tingkat belajar yang sangat memusingkan. namanya juga mahasiswa. jadi benar-benar maha berat pula beban yang harus dipikul selama menjadi mahasiswa. khususnya untuk yang kuliah dalam bidang eksakta, wah itu lebih-lebih berat ketimbang yang lainnya. saya sendiri merasakan betapa indahnya menjadi mahasiswa eksakta. yang setiap hari dikejar deadline. belum lagi laporan yang menumpuk sekali tiga dalam seminggu bayangkan teman. karena dijurusan keguruan juga setiap hari jika diskusi setiap kelompok harus persentasi  lewat power point. sekarang katanya udah gak jaman dosen ceramah dan mahasiswalah yang harus aktif. masyaallah.. bayangin dari delapan mata kuliah tiba-tiba kamu semuanya dapat kelompok satu. jika praktikum , sebelum praktikum saya juga harus belajar dulu sebelum praktikum supaya bisa menjawab pertanyaan pretes . dan jika gak lulus , kami boleh memilih mau bayar atau mengulang tapi tetep bayar. lengkap sudah penderitaan sebagai mahasiswa eksakta. 

tapi saya berharap temen-temen gak separah itu tugas-tugasnya.  terkadang saya sangat iri pada mahasiswa hukum , ips, bahasa dan lainnya. mereka hanya cukup membaca dan berbicara. habis pulang kuliah bisa mejeng di mall atau pulang kerumah. dan juga bisa bekerja paruh waktu. tapi ya sudahlah apapun itu nikmati saja. toh dari awal saya yang milih. setiap yang dipilih tentu ada resikonya kan?. sebelum masuk jurusan kan sudah dipertimbangkan. terima saja, karena kau yang telah memilih teman !

a. jangan menunda menyelesaikan tugas

ketika tugas-tugas begitu banyak. itu benar-benar sangat memusingkan. jika orang orang bilang jangan menunda tugas. saya sama sekali bukan tipe penunda. tetapi kadang-kadang memang memaksa untuk diselesaikan sebelum deadline. karena setiap mata kuliah ada tugasnya . jadi, setiap hari ada pembagiannya masing, masing. jika perlu sepulang kuliah saya langsung mengerjakan. tetapi soalnya saya terlanjur banyak tugas , jadi harus dilakukan tahap dibawah ini.

b. pilih yang paling penting dan mendesak

yap ini yang paling penting supaya kamu gak ngos-ngosan sewaktu deadline. kerjain dulu yang paling deket waktunya . jangan yang jauh kamu kerjain duluan . kalo aku selalu mencatat deadline pengumpulan dimading kamar supaya tidak lupa.

c. jangan lupa istirahat 

tugas banyak tapi istirahat penting banget teman. karena percuma kamu bergadng semalaman tapi besoknya loyo ketika jam pelajaran dari dosen yang tidak suka mahasiswa mengantuk. jadi jangan diporsir , dan tetap nyaman untuk istirahat. boleh jadi kamu ngerjain sedikit-sedikit tapi sering. maka dijamin deh bakalan tetap fresh meski banyak tugas.

d. jangan membuka sosial media

sewaktu ngerjain tugas sebaiknya kamu kerjain aja dulu itu tugas. jangan membuka akun sosial apapun. karena nanti kamu akan tergoda untuk melihat atau membalas komentar teman. itu akan memakan waktu. dan benar-benar membuat kita lelah teman!. soalnya aku sering melakukan hal ini dulu. terasa banget bedanya sekarang ketika aku memprioritaskan tugasku. 

e. anggap tugas itu pahala

tugas itu adalah nantinya juga buat nilai kamu. jika sholat itu adalah tugas dari allah. dan itu adalah tugas dari dosen atau asdosnya. maka nikmati aja , anggap aja kamu lagi mencari pahala. buat nambah nilai kamu juga. ingat seseorang yang dalam belajar itu seperti orang yang berjihad. karena kita berjihad melawan kebodohan. tujuan nantikan untuk kemajuan bangsa. amin 

f. dengarkan musik

misalnya sambil negrjain tugas setelah mandi sore.  maka sangat enak deh ngerjain tugas sambil dengerin musik. sehingga sedikit menghibur jiwa kamu tuh yang lagi full konsentrasi. akhirnya kamu gak benar-benar bosan dengan tugas. 

mungkin itulah yang bisa saya beri solusi. semoga teman-teman tetap bahagia meski tugas satu lemari. amin :)

Mengenai Saya