Selasa, 20 Mei 2014

Trik-Trik menghadapi ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri



        Gak terasa nih udah hamper dua tahun Saya kuliah di Universitas Jambi ini. Namun sebelum ini saya sekolah dulu selama dua belas tahun. Akhirnya sampailah pada detik ini saya bisa menjalani aktivitas kuliah seperti yang ada dibayangan saya dulu. Oh ya, saya sekarang kuliah dijurusan kimia Universitas jambi, tepatnya semester empat.

        Sebenarnya saya enggak pintar loh guys. Cuma pntar-pintar memanfaatkan segala sesuatu disekelilinga saya . saya lulus masuk perguruan tinggi dengan pilihan pavorite saya yaitu kimia. Melalui ujian yang waktu itu namanya masih SNMPTN saya akhirnya jebol ke tempat ini. Jadilah saya sebagai mahasiswi kimia. Walaupun orang tua saya tidak terlalu suka. Tapi tetap saya ambil karena disanalah hati saya berlabuh J
        Setelah lulus SMA awalnya saya memilih untuk dirumah saja . sekalian membantu urusan orang tua menangani adik saya yang bandel itu . akhirnya jadilah saya seperti ibu muda yang mengantar-jemput si Nurfaziah ( adik saya yang baru masuk SD ).  Kahirnya saya hanya sanggup bertaan lima hari . bahkan tanpa belajar apapun untuk persiapan ujian seleksi masuk PTN.

        Mengapa saya memilih PTN dan bukan swasta, hal itu karena saya  sadari keharusan saya untuk tidak banyak mengeluarkan uang. Ayah saya hanya seorang guru SD dan ibu saya ya ibu rumah tangga. Walaupun sesekali kami menerima uang penjualan getah karet keluarga. Ayah saya menyarankan kedokteran sih, namun saya menolak karena sesadar-sadarnya saya takut darah dan mayat. J

        Akhirnya saya pilih pilihan kimia. Tapi shobat tenang aja, mau jurusan apapun yang penting itu emang dari hati yang jujur. Tidak berdasarkan logika. Karena logika itu gak pas buat memilih jurusan hati kita yang lebih tahu. Karena hati enggak pernah boong tentang perasaan shobat semua menyukai pelajaran apa dulunya. Iya kan?

        Untuk lulus ke perguruan tinggi ada beberapa trik nih yang saya gak lupakan sampai sekarang diantaranya :

1.    Berkumpul dengan teman-teman yang punya ambisi untuk masuk PTN
2.   Menikuti Bimbingan belajar, bisa sama senior, atau lembaga, atau bimbingan sendiri dengan panduan buku pribadi
3.   Rajin membaca informasi tentang universitas tujuan karena itu akan memotivasi kita untuuk selalu membayangkan kita akan lulus disana
4.   Belajar saat santai, misalnya dikamar, disofa, atau dipantai. Walaupun 10 menit sehari itu cukup loh
5.   Selalu update informasi seleksi
6.   Perbanyak kumpulan soal-soal untuk dipelajari
7.   Jaga kesehatan
8.   Rajin refreshing otak dengan jalan-jalan atau hal lain yang kamu suka
9.   Mendaftar diri secepat mungkin dengan teliti, dengan tujuan agar shobat tenang mendapatkan ruangan belajar
10.                Berdoa dan Tawakal

Ok itu aja yah shob. Terimakasih atas kunjungan ke blog saya. Semoga bermanfaat J

        

Mengenai Saya