Sabtu, 18 Oktober 2014

TIPS MENGHADAPI KEGAGALAN


TIPS MENGHADAPI KEGAGALAN
Pernahkah kamu merasa seakan dunia ini akan berakhir seketika . aku yakin kita semua pernah merasakannya. Di tolak dalam pekerjaan, gagal lulus tes masuk perguruan tinggi, di tolak seseorang yang kamu sukai, gagal dalam presentasi , gagal dalam wawancara, gagal dalam penerimaan beasiswa, serta masih bangak kegagalan lainnya yang mungkin tidak terhingga. Kegagalan bias dating kepada siapa saja yang beruntung. Ya, aku katakan orang tersebut  beruntung dalam arti kata, kita dapat merasakan betapa sakitnya hati yang gagal, memalukan dan terkadang menimbulkan sedidit frustasi. 

Berapa kali kamu pernah gagal sepanjang hidupmu? Satu kali, dua kali, sepuluh atau lebih. Aku rasa jawabannya bermacam-macam tergantung pengalaman kalian semua. Bagiku kegagalan yang paling membekas hingga saat ini adalah kegagalan dalam menghadapi wawancara yang aku rasakan satu tahun yang lalu. Lantas apakah aku bersedih ? ya, aku bersedih dan sangat kecewa. Karena aku sudah sangat semangatnya waktu itu tiba-tiba aku tidak tahu apa yang harus ku katakana saat wawancara pertama dan akhirnya aku tidak berani dating untuk wawancara kedua. Hari ini aku masih mengenang beberapa kegagalanku untuk ku jadikan pelajaran agar aku bias lebih berhati-hati dan bersiap-siap lebih jika menghadapi sesuatu.

Dalam menghadapi kegagalan yang aku rasakan hanya ada pengutukan atas ketidak berhasilanku. Serta kemarahan yang tak tahu harus kulimpahkan pada siapa. Kepada diriku, ya terkadang aku memaki diriku sendiri. Kepada tuhan yang tidak mengabulkan doaku. Ya aku sebenarnya sedikit kecewa, tetapi aku harus sadar tidak ada yang bias terjadi tanpa kehendak-Nya.  Adapun cara cara menghadapi kegagalan diantaranya yaitu :
   
     MENGAMBIL SEGI POSITIF DARI SETIAP KEGAGALAN
Sesuatau yang ada atau terjadi dimuka bumi ini bukan tanpa alasan. Setiap kejadian pasti ada hikmah yang terkandung didalamnya tergantung dari segi mana kita memandangnya. Misalnya ketika kamu menghadapi ujian tes perguruan tingggi kamu menghadapi kegagala masuk kedalam jurusan tertentu. Tetapi malah masuk ke jurusan lainnya. Mungkin saja jurusan yang terpilih bukan karena kamu pilih itu adalah yang terbaik untuk kamu. Tetapi kamu justru memandang bahwa jurursan yang kamu pilih lebih baik tanpa kamu sadarimjurusan yang pas untuk kamu adalah yang terpilih itu. Banyak orang yang sudah mengalaminya, dan mereka selalu mengatakan untung aku terpilih di dalam jurusan ini.  

      BERBAIK SANGKA KEPADA TUHAN
Tuhan adalah Raja dari segala raja diatas bumi ini. Tuhan tahu apa yang terbaik untukmu dan apa yang kamu butuhkan. Tuhan menciptakanmu dan terserah dia mau menjadikanmu sebagai apa dimuka bumi ini. Yang jelas dia tidak akan melantarkanmu ketika kamu mau ikhlas menerima takdirnya. Tuhan menciptakan sesuatu bukan tanpa sebab karena dia mengetahui apa yang belum atau tidak kamu ketahui.

      MENJADI KEGAGALAN SEBAGAI PELAJARAN
Orang mengatakan pelajaran paling berharga adalah pengalaman. Ya pengalaman adalah guru terbaik bagi kehidupan. Dengan kegagalan kamu bias melihat apa yang harus kamu lakukan selanjutnya. Dengan sayarat kamu mau mengambil pelajaran dari kegagalan itu untuk memiliki kesuksesan yang lebih baik.

       KEGAGALAN ADALAH SARANA MELATIH MENTAL
Ya siapa yang tidak sedih, marah dan kecewa ketika ia gagal menghadapi sesuatu yang sudah lama ia idam-idamkan bahkan yang ia butuhkan. Tetapi akhirnya dia mengalami kegagalan meskipu ia sudah berusaha sekuat tenaga dn doa sudah dipanjatkan juga. Namun disini kesabaran dan kegigihan kamu diuji. Tuhan mengatakan akan bersama dengan orang-orang yang sabar, maka yakinlah dengan kegagalan itu dia sedang melatih jiwamu untuk lebih kuat, tegar, sabar dan bijaksana.


Mengenai Saya