Kamis, 25 Desember 2014

MENINGGALKAN DOA QUNUT DALAM SHOLAT SUBUH

           ketika kecil saya ikut mengaji di madrasah , kami semua disuruh untuk membaca doa qunut ketika praktik sholat subuh. nah ketika itu saya berfikir bahwa sholat qunut memang diwajibkan untuk dibaca ketika sholat shubuh tanpa bertanya kepada ustadzah yang mengajar saya waktu itu . apa bila ketinggalan membaca doa qunut dulu saya mengulang kembali sholat subuh apabila ingatnya setelah salam. tetapi ketika SMA saya memiliki teman yang ternyata dia pindahan dari pondok pesantren. berbeda dengan saya yang dari kecil hanya mengaji madrasah hanya beberapa tahun dan sekolah di sekolah umum ditambah lagi saya sangat jarang membaca buku-buku agama ketika beranjak remaja . sehingga pengetahuan agama saya sangat kurang. melalui teman saya itu saya banyak mendapatkan pengetahuan baru tentang sesuatu yang mungkin saya anggap wajib karena saya diajarkan dari kecil begitu dan tiba-tiba ketika praktik sholat disekolah banyak yang tidak hafal doa qunut.

          Nah, saya menanyakan kepada dia tentang mereka yang tidak membaca doa qunut bagaimana dengan sholat subuh mereka. ternyata teman saya menjawab " ya gak apa-apa". berdasarkan perkataan teman saya tersebut saya menganggap sholat shubuh itu tidak apa-apa jika tidak membaca doa qunut. berarti doa qunut itu sunat. sehingga saya sering meninggalkan doa qunut ketika sholat subuh.

          ketika diawal kuliah saya masih penasaran dengan hukum doa qunut . maka saya mencoba membaca situs-situs agama dan mencari langsung tentang hukum membaca doa qunut yaitu : membaca doa qunut dalam shalat subuh pada I’tidal rekaat kedua adalah sunnah ab’ad. Sunnah Ab’ad artinya diberi pahala bagi yang mengerjakannya dan bagi yang lupa mengerjakannya disunnahkan menambalnya dengan sujud  syahwi.. 

Mengenai Saya