Sabtu, 18 Oktober 2014

senyawa optis aktif

SENYAWA OPTIS AKTIF
Senyawa optis aktif adalah senyawa yang dapat memutar bidang polarisasi. sedangkan yang dimaksud dengan polarisasi adalah pembatasan arah getaran (vibrasi) dalam sinar atau radiasi elektromagnetik yang lain. Untuk mengetahui besarnya polarisasi cahaya oleh suatu senyawa optis aktif, maka besarnya perputaran itu bergantung pada beberapa faktor yakni : struktur molekul, temperatur, panjang gelombang, banyaknya molekul pada jalan cahaya, jenis zat, ketebalan, konsentrasi dan juga pelarut.
Polarimeter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur besarnya putaran optik yang dihasilkan oleh suatu zat yang bersifat optis aktif yang terdapat dalam larutan. merupakan alat yang didesain khusus untuk mempolarisasi cahaya oleh suatu senyawa optis aktif.



                          Sumber : http://instrumentanalis.blogspot.com/2012/10/polarimeter_30.html
Polarisasi bidang dilakukan dengan melewatkan cahaya biasa menembus sepasang kristal kalsit atau menembus suatu lensa polarisasi. Jika cahaya terpolarisasi-bidang dilewatkan suatu larutan yang mengandung suatu enantiomer tunggal maka bidang polarisasi itu diputar kekanan atau kekiri. Perputaran cahaya terpolarisasi-bidang ini disebut rotasi optis. Suatu senyawa yang memutar bidang polarisasi suatu senyawa terpolarisasi-bidang dikatakan bersifat aktif optis. Karena inilah maka enantimer-enantiomer kadang-kadang disebut isomer optis.
Secara terori kita dapat menentukan suatu senyawa optis aktif atau bukan dengan melihat ada atau tidaknya atom asimetris atau atom C kiral pada senyawa tersebut. Tetapi tidak semua senyawa yang memiliki atom c kiral bersifat optis , karena jika atom tersebut memiliki bidang simetri atau bidang yang bisa dilipat dua dengan sisi yang sama berarti bukan senyawa optis. Contohnya :


Pada senyawa diatas gambar 1 dan 2 merupakan enantiomer, gambar 1 dan 3 serta 2 dan 3 adalah diastereoisomer atau diastreomer. Tetapi senyawa 3 bukan merupakan isomer optis aktif  dan merupakan senyawa meso. Hal ini disebabkan senyawa 3 memiliki bidang simetri, sehingga bisa dilipat dua dengan sisi yang sama. Dapat disimpulkan bahwa senyawa optis aktif adalah senyawa yang memiliki atom c asimetris atau atom c kiral dan tidak semua senyawa yang memiliki atom c kiral merupakan senyawa optis aktis ini dilihat dari apakah senyawa tersebut merupakan senyawa meso atau bukan. Jika senyawa meso berarti tidak dapat dikatakan senyawa tersebut optis aktif.

SUMBER :
Cairns , Donald,. 2004.  Intisari Kimia Farmasi : Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC

TIPS MENGHADAPI KEGAGALAN


TIPS MENGHADAPI KEGAGALAN
Pernahkah kamu merasa seakan dunia ini akan berakhir seketika . aku yakin kita semua pernah merasakannya. Di tolak dalam pekerjaan, gagal lulus tes masuk perguruan tinggi, di tolak seseorang yang kamu sukai, gagal dalam presentasi , gagal dalam wawancara, gagal dalam penerimaan beasiswa, serta masih bangak kegagalan lainnya yang mungkin tidak terhingga. Kegagalan bias dating kepada siapa saja yang beruntung. Ya, aku katakan orang tersebut  beruntung dalam arti kata, kita dapat merasakan betapa sakitnya hati yang gagal, memalukan dan terkadang menimbulkan sedidit frustasi. 

Berapa kali kamu pernah gagal sepanjang hidupmu? Satu kali, dua kali, sepuluh atau lebih. Aku rasa jawabannya bermacam-macam tergantung pengalaman kalian semua. Bagiku kegagalan yang paling membekas hingga saat ini adalah kegagalan dalam menghadapi wawancara yang aku rasakan satu tahun yang lalu. Lantas apakah aku bersedih ? ya, aku bersedih dan sangat kecewa. Karena aku sudah sangat semangatnya waktu itu tiba-tiba aku tidak tahu apa yang harus ku katakana saat wawancara pertama dan akhirnya aku tidak berani dating untuk wawancara kedua. Hari ini aku masih mengenang beberapa kegagalanku untuk ku jadikan pelajaran agar aku bias lebih berhati-hati dan bersiap-siap lebih jika menghadapi sesuatu.

Dalam menghadapi kegagalan yang aku rasakan hanya ada pengutukan atas ketidak berhasilanku. Serta kemarahan yang tak tahu harus kulimpahkan pada siapa. Kepada diriku, ya terkadang aku memaki diriku sendiri. Kepada tuhan yang tidak mengabulkan doaku. Ya aku sebenarnya sedikit kecewa, tetapi aku harus sadar tidak ada yang bias terjadi tanpa kehendak-Nya.  Adapun cara cara menghadapi kegagalan diantaranya yaitu :
   
     MENGAMBIL SEGI POSITIF DARI SETIAP KEGAGALAN
Sesuatau yang ada atau terjadi dimuka bumi ini bukan tanpa alasan. Setiap kejadian pasti ada hikmah yang terkandung didalamnya tergantung dari segi mana kita memandangnya. Misalnya ketika kamu menghadapi ujian tes perguruan tingggi kamu menghadapi kegagala masuk kedalam jurusan tertentu. Tetapi malah masuk ke jurusan lainnya. Mungkin saja jurusan yang terpilih bukan karena kamu pilih itu adalah yang terbaik untuk kamu. Tetapi kamu justru memandang bahwa jurursan yang kamu pilih lebih baik tanpa kamu sadarimjurusan yang pas untuk kamu adalah yang terpilih itu. Banyak orang yang sudah mengalaminya, dan mereka selalu mengatakan untung aku terpilih di dalam jurusan ini.  

      BERBAIK SANGKA KEPADA TUHAN
Tuhan adalah Raja dari segala raja diatas bumi ini. Tuhan tahu apa yang terbaik untukmu dan apa yang kamu butuhkan. Tuhan menciptakanmu dan terserah dia mau menjadikanmu sebagai apa dimuka bumi ini. Yang jelas dia tidak akan melantarkanmu ketika kamu mau ikhlas menerima takdirnya. Tuhan menciptakan sesuatu bukan tanpa sebab karena dia mengetahui apa yang belum atau tidak kamu ketahui.

      MENJADI KEGAGALAN SEBAGAI PELAJARAN
Orang mengatakan pelajaran paling berharga adalah pengalaman. Ya pengalaman adalah guru terbaik bagi kehidupan. Dengan kegagalan kamu bias melihat apa yang harus kamu lakukan selanjutnya. Dengan sayarat kamu mau mengambil pelajaran dari kegagalan itu untuk memiliki kesuksesan yang lebih baik.

       KEGAGALAN ADALAH SARANA MELATIH MENTAL
Ya siapa yang tidak sedih, marah dan kecewa ketika ia gagal menghadapi sesuatu yang sudah lama ia idam-idamkan bahkan yang ia butuhkan. Tetapi akhirnya dia mengalami kegagalan meskipu ia sudah berusaha sekuat tenaga dn doa sudah dipanjatkan juga. Namun disini kesabaran dan kegigihan kamu diuji. Tuhan mengatakan akan bersama dengan orang-orang yang sabar, maka yakinlah dengan kegagalan itu dia sedang melatih jiwamu untuk lebih kuat, tegar, sabar dan bijaksana.


Kamis, 16 Oktober 2014

BAHAYA PENYEDAP RASA

BAHAYA PENYEDAP RASA
            Penyedap rasa sudah menjadi bahan tambahan makanan yang wajib digunakan saat memasak bagi sebagian besar orang di indonesia. Bagi sebagian ibu-ibu mereka merasa masakan yang dibuatnya kurang sempurna tanpa penyedap rasa. Apa lagi untuk sambal maka penyedap rasa tidak dapat ditinggalkan. Begitupun untuk jenis makanan lainnya seperti makanan berkuah, rendang, dan lainnya juga menggunakan penyedap rasa . Penyedap rasa sudah menjadi sahabat bagi wanita agar makanannya dapat dikatakan lebih berasa. Bahkan ada sebagian orang yang kurang nafsu dalam makan akibat tidak ditambahkan penyedap rasa.


            Didalam penyedap rasa ada bahan yang terdiri dari zat kimia yang dinamakan msg  ( monosodium glutamate ) , di masyarakat kita sering disebut vetsin, atau orang  sering menyebutnya juga “micin”. Penyedap rasa buatan yang sudah sangat sering  digunakan sebagai bumbu masakan. Bahkan tak sedikit yang menganggap tak akan sedap masakan itu tanpa micin. Di indonesia sudah beredar bermacam-¬macam merek “penyedap masakan”. Ada ajinomoto, buatan jepang . Miwon dari korea, vetsin keluaran taiwan, sasa yang datangnya dari hongkong dan beberapa merek lagi yang kesemuanya ada 9 merek. Tapi di masyarakat kita sering disebut vetsin saja.

Asam glutamat  merupakan bahan yang paling penting dalam membuat msg , yang berupa asam amino yang ada pada tumbuhan, hewan, minyak bumi dan pada tubuh manusia. Dulu sempat beredar asam glutamate terbuat dari otak babi. Namun seiring berkembangnya waktu ternyata asam glutamate yang dimaksud bukan terbuat dari otak babi . Tetapi dalam mengolahnya ada digunakan katalis kimia yang sumbernya dari babi. Meskipun tidak menjadi produk pada akhir pengolahan . Namun tetap saja sesuatu yang sudah bersentuhan dengan najis tetap haram untuk dimakan.

Di indonesia  asam glutamat itu terbuat dari melase (gula tetes), sisa gula tebu yang sudah tidak bisa menjadi kristal. Di negara yang tidak mempunyai tebu, asam glutamat itu dibuatnya dari ganggang, gulabit, gandum, kedelai, tapioka, minyak bumi atau sengaja membuatnya secara sintetis.
  
Msg awalnya digunakan orang jepang dari tahun 1920.  Pernah ilmuan melakukan penelitian bahwa msg yang diberikan kepada anak ayam yang dicampurkan pada air minumannya menyebabkan matinya anak ayam tersebut disebabkan ginjalnya rusak dan jumlah sel otaknya berkurang 24% dibanding dengan anak ayam yang normal tanpa diberi msg. Kemudian percobaan pada tikus kecil yang diberi makan msg ketahuan sel-sel darah putihnya berubah berupa sel-sel kanker.msg di singapura menyebabkan penyakit radang hati dan menurunkan tingkat kecerdasan (iq) bagi anak-anak sekolah. Kemudian penelitian di indonesia yang dilakukan oleh dr. Iwan t. Budiarso yang hasilnya yaitu : anak ayam dan anak bebek yang diberi msg itu mati. Sedangkan anak ayam yang sudah agak besar seperti yang dibius, jalannya tidak normal, dan rupa-rupa gejala lainnya.


Msg berupa makanan sehari-hari, bisa dipakai paling banyak 6 mg/kg berat badan manusia dewasa. Jadi kalau berat hadannya 50kg, seharinya tidak boleh lebih dari 2 gram.
Di amerika, dan di singapura ada peraturan yang menyebutkan tidak boleh ditambahkan terhadap makanan bayi dan terhadap makanan yang sudah jadi (instant). Makanan harus memakai takaran yang sudah ditentukan dan menyampurkannya pun harus dibatasi. Tetapi masih saja orang yang menggunakan penyedap rasa untuk membuatkan makanan untuk anaknya. Hal ini sangat memprohatinkan. Meskipun diperbolehkan menggunakannya, namun tetap saja lama kelamaan akan memberikan akibat yang tidak baik bagi kesehatan.

           Sayangilah tubuh anda dan keluarga anda dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Jangan berikan racun walaupun sedikit dalam makanan kita . Hanya karena ingin makan lebih puas tanpa memperdulikan efek sampingnya bagi masa depan. Lebih baik beralih kepada makanan dengan penyedap rasa tradisional saja, lebih menjamin kesehatan anda. Sayangilah diri anda dan keluarga anda.




Kamis, 09 Oktober 2014

diari-2


Hai semuanya apa kabar ?. Aku harap kalian sangat baik hari ini . Jangan tanyakan kabarku , karena hari ini aku seperti ingin bunuh diri , karena sangking buruknya kabarku . berawal dari pagi hari aku bangun tidur tidak terlalu siang, bahkan saat adzan shubuh berkumandang aku juga sudah bangun. Hari ini aku merapikan semua buku, mencuci piring, memilih baju untuk ke kampus, menyiapkan sarapan untuk aku dan adikku, memisahkan pakaian kotor, dan tak lupa aku mandi dan sikat gigi. Semuanya tak ada yang salah , aku membersihkan badan dengan handuk, bukan dengan lap meja, aku makan memakai  sendok bukan dengan serok sampah. Semua aktivitasku normal seperti biasa. Sebelum mandi aku sempatkan sedikit belajar dan mengingat kuni-kunci gitar. Yah aku belajar hari ini !
Tentu kalian akan bertanya apa masalahku ? . langung saja ku ceritakan karena ku tahu kalian semua bangsa-bangsa kepo terutama tentang erita pribadi seseorang yang lucu, kesal dan apalagi menegangkan. Hari ini seperti biasa kami kuliah kimia organik tiga dengan dosennya, semua erjalan dengan semestinya. Walau sedikit rumit materi hari ini.  Tapi semua akan dibaha lagi minggu-minggu selanjutnya tentang tereoisomer dan anak-anaknya. 
Pelajaran kedua yaitu mata kuliah yang aku suka, tapi aku katakan aku sering kurang beruntung dalam mata kuliah ini. Masalahnya ini adalah mata kuliah dengan dosen yang membutuhkan kesempurnaan konsep dalam segala sesuatunya. Jika salah konsep pertama maka selanjutnya habislah riwayatmu. Minggu kemarin kami melewati preentai dengan tidak gagal namun tidak berhail juga karena dia menyuruh kami memperbaiki makalah dan menambahkan peta konep di bagian akhir makalah kami. Dengan persiapan matang kami preentasi seperti layaknya orang yang presentasi. Tetapi disaat presentai nampaknya masih ada anggota kami yang masih belum mengerti apa yang dia jelaskan, akhirnya jadilah sebuah presentasi yang zig zag, alias ngambang. Hanya dengan salah tanda panah saja miskonsepsi sudah terjadi menurut bu Dosen. Itu kami akui memang benar dan untungnya bukan aku yang membuat power point, jadi aku tidak disalahkan. Tapi aku juga kurang teliti sehingga tidak membenarkan atau menyalahkan apa yang udah temanku buat itu. Bu Dosen yang super congkak dan teliti itu bisa saja dengan mudah langsung melihat terjadi kesalahan dalam konsep yang kami jelaskan.
Sebenarnya bukan itu inti permasalahannya. Hari ini dengan percaya diri mengajukan pertanyaan kepada kelompok yang maju . Aku bertanya ya karena aku butuh jawaban alias belum mengerti. Aku menanyakan tentang penjelasan kelompok si penyaji tentang arti penting studi pendahuluan dalam penelitian, nah si penyaji menjelaskan tentang salah satunya yaitu untuk menentukan objek penelitian yang tujuannya lagi katanya adalah menenukan dengan jelas tentang variabel penelitian. Nah yang aku tanyakan adalah variabel yang dimaksud dengan kelompok ini itu apa ?. si penyaji menjawab makudnya yaitu contohnya seperti melakukan penelitian tentang tindakan kelas atau strategi pembelajaran dan seagainya. Nah, menurut yang aku baca adalah variabel itu ada variabel terikat dan variabel bebas apakah yang dimaksud berbeda dengan it atau sama ?. eh kelompok si penyaji langsung diam saja. Berhubung I penyaji adalah ketua tingkat mata kuliah ini dan otomatis dekat dengan si dosen. Eh malah aku yang ditanya balik, “menurutmu apa arti dari variabel itu ?, coba ulangi lagi pertanyaan itu !. nah, saya tidak mengerti maksudmu. Apa ? kamu membacanya dibuku, itulah yang menjadi kesalahan. Inilah akibatnya bertanya tanpa ilmu pengetahuan”.
Apa salahku ? yah maksud aku ya begitu aku ingin mempertanyakan apa  yang dimaksud variabel disini iu berbeda dengan yang aku maksud ?. nah si ibu dosen langsung menjudge “itulah pertanyaan orang yang tanpa pengetahuan” . sakitnya itu disekujur tubuhku, aku bertanya seharusnya ibu itu meluruskan pertanyaanku bukan menjatuhkanku . dia saja yang tidak tahu aku membeli dan membaca buku itu hampir setiap mata kuliahnya, bahkan sudah beruang-ulang. Aku hanya ingin meminta kejelasan. Tetapi caraku menyampaikan yang kurang tepat. Dosen dengan congkaknya langsung menjudge aku sebagai orang yang memang seperti tidak pernah membaca. Lagi-lagi selalu ibu itu. Seharusnya yang menjelaskan didepan juga harus disalahkan jika aku disalahkan, karena dia menjelaskan degan kalimat baku yang sulit diteima akal pikiranku. Makanya aku mengajukan pertanyaan karena aku tidak jelas. Tetapi ibu memfokuskan masalah berada diatas jidadku, yaitu seperti orang yang tidak pernah membaca . aku merasa seperti menceburkan diriku kedalam sumur hari ini. Dengan mata yang tajam dan suara yang sedikit menekan membunuh rasa percaya diriku. Aku merasa malu,mentalku ciut,  rendah diri, takut, pesimis dan sedikit marah. Meski sedikit gelak tawa didalam kelas dengan kelucuan yang dia perbuat. Aku masih terdiam dengan sedikit cubitan panas yang diberika bu Yusnidar. Anehnya mengapa hari ini aku sangat bodoh ?. aku diam sepanjang mata kuliah masih berlangsung. Aku hanya sediki melihat dan terseyum jika ada yang perlu disenyumkan. Biar tak terlihat lukaku dengan jelas.
Aku berniat hari ini dapat melaksanakan kuliah dengan baik. Aku berdoa sebelum tidur dan setelah bangun serta sebelum pergi ke kampus untuk tidak apes hari ini. Tapi nyatanya hari ini yang terjadi adalah sebaliknya. Aku pulang dengan hati yang masih menyimpan ketidak terimaan atas perlakuan didalam kelas tadi. Munkin aku yang salah tidak menyusun kalimat dengan benar, lain kali aku akan merapikan kata perkata yang aku ucapkan. Sebenarnya ada niat besar didalam hatiku untuk tidak belajar lagi dalam mata kuliah ini. Tapi sepertinya bisikan itu tak perlu ku dengarkan.  Minggu depan entah minggu depan dan depannya lagi aku akan masih bertanya meski dalam kalimat bodoh ataupun kalimat yang baik aku masih akan tetap bertanya. Meski aku sudah ditikam dibagian dadaku , aku masih akan tetap berdiri oh belum ada yang memastikan aku aka mati atau tetap hidup . yang jelas aku melakukan apa yang aku mau, aku suka, dan aku butuh tikaman yang lebih banyak lagi hingga aku menjadi kebal atas tikaman itu dan mungkin saja bisa menikam kembali kepada yang menikamku.
 Ini bukan soal mental atau harga diri, tapi hasratku ingin merasakan lebih banyak kata-kata pedas dari dosenku yg super ingin segalanya sempurna itu . Sedikit ingin kuceritakan, aku sudah beberapa kali di permalukan dan dijatuhkan mentalku di depan umum. Mulai dari SMP aku sudah pernah dicubit didepan seluruh siswa diekolah itu. Sewaktu SMA aku sudah pernah menjadi pemateri  praktik seminar yang tak kusadari sepuluh pertanyaan dapat ku jawab dengan sempurna, tetapi akhirya seminarku gagal total karena ibu mengharapkan ada orang lain yang menentang atau menjawab pertanyaan selain aku. Aku juga pernah dibuat menangis karena ibu guru tidak mau menerima tugasku hanya karena telat beberapa detik saja, akhirnya aku ngotot ingin diterima. Akhirnya sampai pada perkataan “kamu tidak dengar ya ! saya bilang saya tidak terima tugasmu, kecuali kamu menuliskan kembali kedepan jawabanmu” . astaghfirullah, ternyata si ibu menyangka diriku mencontek. Akhirnya jawaban dituliskan benar, tetapi pada tugas yang aku buat tidak semua benar .

Selebihnya aku juga pernah dicurigai sedang smsan disaat aku sedang membaca artikel mengenai materi kuliah dan ini baru saja terjadi semester kemarin. Dan juga disaat ditanya aku pernah keceplosan mengatakan aku tidak pernah membaca apa yang ditanyakan. Dan kejadian itu semua adalah bagian dari kejadian yang pernah aku alami disaat menjalai masa belajar . entahlah terkadang aku sedikit pintar namun lebih banyak  bodohnya. Aku memang merendahkan diriku yang memang sudah rendah ini. Lebih banyaknya kebodohanku membuatku sedikit geram dengan diriku. Mengapa kami tak bisa lebih baik setiap hari. Cobalah lihat, si Tuti misalnya dia kuliah dengan lancar, tidak pernah ditegur, tidak pernah terlambat, tidak pernah dipermalukan, selalu mengerjakan tugas dengan selamat, dan intinya dia tidak pernah merasakan beban batin sepertiku. Dia hidup dengan damai, tentram ,punya pacar yang setia, belajar seperti biasa, tidak pernah kekurangan uang karena dia bisa mengatur pengeluarannya, dan intinya dia lebih baik dari padaku. Mengapa harus ada aku yang sering salah, dipermalukan, kelaparan , dan mendapati masalah . aku iri pada sahabatku itu. Aku sering terjatuh , tetapi dia selalu berjalan diatas jalan yang lurus. Itulah yang ingin ku katakan hari ini. Aku butuh mendinginkan badanku dengan minuman ber es. Selamat siang semua sampai ketemu diceritaku selanjutnya .

Rabu, 08 Oktober 2014

Diari-1

Hai semua ,,
Aku ingin cerita ,,

Si kodok sekarang sudah berubah guys . Bukan kodok yang dulu lagi, kodok yang bawel, yang nyebelin tapi baik hati, yang selalu ribut dan sok eksis sendiri. Entah darimana mulainya intinya sekarang aku dan kodok sudah tak seakrab dulu. Hanya tinggal si cacing yang masih sama seperti apa adanya dia yang dulu. Cacing yang masih baik, masih peduli, masih sering sms, masih samalah pokoknya. Inilah yang kutakutkan akhirnya terjadi juga pada waktunya . Seperti kata Raditya Dika , cinta bisa kadarluarsa seperti dalam film cinta brontosaurus. Yah, sepertinya emang benar. Bukan hanya dalam soal pacaran atau percintaan , tapi juga terjadi pada pertemanan atau persahabatan. Kurasakan persahabatan kami udah menunjukkan tanda-tanda kadarluarsa . Buktinya semua keadaan sudah tak sama seperti dulu. Seharusnya yang terjadi adalah walaubagaimanapun kita teman adalah teman . Sesibuk apapun dan sehebat apapun kita, sahabat adalah tempat kita berlari dikala suka maupun duka.
   
          Aku tak bisa berlari kepada sahabatku si kodok disaat apapun sekarang ini. Bukan karena keadaan , tapi kerenggangan yang ada membuatku enggan untuk mendekat . Seperti ada yang membentuk jarak antara kita. Awalnya aku kira dia lebih baik dari yang lainnya. Karena dia masuk kekehidupanku disaat aku memang menyukai kesendirianku. Disaat aku sedang sibuk didalam organisasi, disaat aku suka keluar, dia ada disaat aku pindah kost, disaat aku kelaparan karena keborosanku, disaat aku sakit mereka membantu ke dokter. Mengapa dia datang disaat aku membutuhkan teman . Seharusnya dia tidak perlu masuk ke kehidupanku jika akhirnya meninggalkanku. Bahkan beberapa bulan lalu dia dan cacing memberikan suprise dihari ulang tahunku , aku bahagia . Kebaikannya membuat silau mataku. Hingga aku merasa mungkin dia lebih baik dari yang lain.
  
          Kau tahu ? Aku memang tak pernah menginginkan untuk dekat dengan siapapun karena aku tak bisa melepaskan jika aku udah menyayangi mereka . aku memiliki penyakit yang parah yaitu susah lepas dari seseorang apabila udah dekat. Aku pernah dekat dengan seorang kekasih , tapi dia pergi meninggalkanku. Aku sangat sulit melupakannya bahkan aku merasa sebagian nyawaku ikut pergi bersamanya. Perlu waktu tujuh tahun untuk bisa kembali normal dan  melupakannya . Nah, sekarang aku bertemu denngan dua orang ini , aku merasa sepertinya aku kembali jatuh cinta tapi bukan sebagai pacar. Jatuh cinta dalam arti persahabatan.
     
       Aku tidak tahu apa yang terjadi. Dia yang berubah atau aku yang sudah tak nyambung lagi. Semua terasa hambar, nyaris tak berasa. Dia mungkin sudah sibuk dengan teman-teman barunya yang juga pernah menjadi teman dekatku. Seharusnya tak aku cerutakan masalahku  dengannya. Mungkin merka lebih cocok. Mereka sama-sama pintar. Mungkin lebih tepatnya begitu. Aku memang tak pintar namun juga tak terlalu bodoh. Tapi aku akan berteman dengan siapapun. Sekarang aku merasa enggan mempercayai siapapun. Nyatanya semua bisa saja hilang kapanpun .

            Saat ini aku hanya punya diriku sendiri sebagai teman sejatiku. Aku mungkin perlu waktu untuk bisa kembali melakukan semuanya dengan ceria seperti dulu meski sendiri. Beberapa minggu ini mungkin aku sedikit lelah, aku perlu waktu untuk mengatasi kesedihanku. Aku mungki bukan teman yang baik, egois, keras kepala, dan bla bla bla . yah tak perlu kuakui semua kejelekanku . Aku terlalu banyak mengalami kesedihan. Kehilangan kekasih, kehilangan sahabat, dilupakan keluargaku karena merka terlalu sibuk dengan urusannya masing-masing , gagal mendapatkan pekerjaan paruh waktu disaat aku mau mati kelaparan , gagal mengikuti tes beasiswa . Entahlah mungkin ini hadiah untuk kehidupanku. Semoga aku bisa melewatinya dengan selamat . Saat ini aku mencoba berdamai dengan diriku sendiri , karena hanya kami yang mengerti . Aku berniat segera lulus strata 1 ku ini dan meninggalkan kota yang penuh dengan pengalaman . Mungkin dunia luar bisa memberikan kesejukan dan tantangan yang bisa membuatku lupa jika aku pernah mengalami berbagai kesedihan. Mungkin orang menganggapnya sepele. Tapi masih ada yang belum kusebutkan. Tunggulah saatnya aku akan menceritakan kepada kalian semua.

Mengenai Saya